Pemkot Denpasar Dorong Pelaku Pariwisata Terapkan Kebersihan-Kesehatan

Pemkot Denpasar dorong pelaku pariwisata terapkan CHSE (ANTARA/I Komang Suparta/Ist/2020)

INFODENPASAR.ID, Denpasar – Pemerintah Kota Denpasar, Bali, mendorong penerapan CHSE (Clean, Health, Safety & Environment/kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan) saat pemberian sertifikat kepada pelaku usaha dan  destinasi pariwisata.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kota Denpasar, I Wayan Hendaryana di Denpasar, Senin (23/11/2020), mengatakan pandemi COVID-19 berdampak besar bagi pelaku industri pariwisata karena itu perlu mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan CHSE.

“Dalam mendukung program tersebut diperlukan bimbingan teknis (bimtek) CHSE yang bertujuan menambah pengetahuan, pemahaman dan strategi bagi sumber daya manusia pariwisata dalam adaptasi kebiasaan baru,” katanya.

Hendraryana mengatakan dalam bimtek CHSE dengan menghadirkan pembicara Ida Bagus Purwa Sidemen Direktur Eksekutif PHRI Bali, Agus Made Oka Iswara Ketua IGHMA Bali, I Gusti Ngurah Dharma Suyasa dari CEO Fresh Water Asia dan Ketut Swastika dari Education Commites of Indonesian Chef Assosiation.

“Bimtek CHSE yang diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari unsur hotel, restoran, praktisi, akademisi pariwisata di Kota Denpasar diharapkan dapat memberikan jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan,” ujar Hendaryana

Semntara itu, Pjs Sekda Kota Denpasar, I Made Toya mengatakan Pemerintah Kota Denpasar gencar mendorong penerapan prorokol kesehatan berbasis CHSE sehingga setelah pelaksanaan bimtek CHSE ini dapat menambah daya tarik wisata di Kota Denpasar.

“Dengan penerapan CHSE akan meningkatkan kualitas, daya saing dan reputasi industri dan daya tarik pariwisata sehingga penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE ini harus menjadi gaya hidup untuk menjamin kesehatan, keamanan dan kenyamanan masyarakat dan juga wisatawan,” ujar Made Toya.


Pewarta : I Komang Suparta
Editor : Agus Salim

Kantor Berita ANTARA