Pemkot Denpasar Dukung Pencegahan Penyakit Polio Berkelanjutan

Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara saat melepas End Polio Fun Walk di kawasan Lapangan Niti Mandala, Denpasar, Minggu (23/10/2022). ANTARA/HO-Pemkot Denpasar.

INFODENPASAR, Denpasar – Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, pemerintah setempat senantiasa mendukung berbagai upaya untuk pencegahan penyakit polio secara berkelanjutan.

“Kami memberikan apresiasi pelaksanaan kegiatan ini, upaya pencegahan polio juga terus dilaksanakan,” kata Jaya Negara saat melepas End Polio Fun Walk di kawasan Lapangan Niti Mandala, Denpasar, Bali, Minggu (23/10/2022).

Ia menambahkan, Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan secara intens mendukung pencegahan polio. Hal ini dilaksanakan dengan menggelar posyandu di desa/kelurahan secara rutin, termasuk juga memberikan vaksin polio kepada anak-anak.

“Dengan demikian, tumbuh kembang balita dapat berjalan baik, termasuk upaya berkelanjutan dalam mencegah stunting yang juga terus kita optimalkan,” ujar Jaya Negara.

Jaya Negara pun mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang digagas Rotari Bali Area dan AIA Vitality itu sebagai langkah positif dalam menyosialisasikan upaya pencegahan polio di masyarakat.

Sementara itu, Distric Deputi Gubernur Rotari Area Bali Anak Agung Ayu Purnamawati mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan guna mendukung upaya berkelanjutan dalam mencegah polio.

Hal ini karena penyakit polio ini belum memiliki obat. Oleh karena itu, upaya pencegahan dapat dilaksanakan dengan vaksinasi atau imunisasi polio pada balita.

“Pelaksanaan kegiatan dengan tema Together We End Polio Now yang bermakna bersama kita entaskan polio ini sesuai dengan visi misi kami di Rotari dan AIA Vitality yaitu mengentaskan atau memusnahkan penyakit polio di seluruh dunia,” ujarnya

Kegiatan kali ini dipadukan dengan beberapa kegiatan, yakni jalan sehat, sunday market, zumba, donor darah, talk show bersama penyandang polio serta pemeriksaan kesehatan gratis.

Pihaknya berharap, para orang tua agar senantiasa tanggap untuk memberikan vaksin polio kepada balita. Hal ini guna mencegah terjadi dan menularnya penyakit polio.

“Meski Indonesia telah dinyatakan bebas polio sejak tahun 2014, kampanye terus kita laksanakan. Kami mengajak ibu-ibu atau orang tua dengan sadar memberikan vaksin polio kepada bayi mereka, agar tidak menularkan penyakit ini kembali,” ucapnya.

Pewarta : Ni Luh Rhismawati

Kantor Berita ANTARA