Pemkot Denpasar Siaga Tanggapi Keluhan Masyarakat Terkait Sampah

Pemkot Denpasar siaga tangani sampah di TPS Kawasan Jalan Pulau Seram (ANTARA/HO-Humas Pemkot Denpasar)

INFODENPASAR, Denpasar – Pemerintah Kota Denpasar, Bali siaga menanggapi keluhan masyarakat terkait penumpukansampah di tempat pembuangan sementara (TPS) di kawasan Jalan Pulau Seram, Kecamatan Denpasar Barat.

Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana di sela pemantauan TPS tersebut di Denpasar, Rabu (13/04/2022), mengatakan sampah memang terlambat terangkut sampah, karena alat berat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung
yang rusak.

Alit Wiradana mengatakui pihaknya mendapat laporan sampah di TPS Pulau Seram sampai meluber ke jalan raya, dan  meminta petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan untuk mengerahkan alat berat agar segera mengangkut sampah di TPS tersebut.

“Sebagai langkah cepat, saya meminta Kepala DLHK untuk mengerahkan alat berat dan dan truk untuk mengangkut sampah di TPS di kawasan Jalan Pulau Seram yang sempat meluber ke jalan raya,” kata Alit Wiradana.



Ia mengatakan penumpukan sampah di beberapa TPS di Denpasar karena sejumlah alat berat yang beroperasi di TPA Suwung rusak. Pihaknya pun sempat cek langsung ke TPA Suwung yang dikelola UPTD Sampah DKLH Provinsi Bali.

“Saat ini alat berat tersebut sedang diperbaiki yang memerlukan suku cadang (spare part) dari Jakarta, mudah-mudahan bisa segera selesai diperbaiki alat berat tersebut, dan pengangkutan sampah bisa kembali normal,” kata Alit Wiradana.

Dikatakan, pemkot pada intinya siap bersinergi dengan pemerintah provinsi guna mewujudkan penanganan sampah terintegrasi di Kota Denpasar, sehingga upaya penanganan sampah terintegrasi dapat terus dioptimalkan.

‚ÄúTerkait kendala dihadapi saat ini, Pemerintah Kota Denpasar secepatnya akan menjalin koordinasi dengan Pemprov Bali guna memaksimalkan penanganan sampah terintegrasi dan berkelanjutan yang selama ini telah berjalan di Kota Denpasar. Karena penanganan sampah menjadi salah satu program prioritas,” ujarnya.


Pewarta : I Komang Suparta
Editor : Edy M Yakub

Kantor Berita ANTARA