Pemkot Denpasar Siapkan Sanur Sebagai Objek Wisata Unggulan

Wawali Kota Denpasar Arya Wibawa (tengah) saat melakukan evaluasi dan monitoring di Sanur Bali (ANTARA/HO-Humas Pemkot Denpasar)

INFODENPASAR, Denpasar – Pemerintah Kota Denpasar, Bali menyiapkan penataan kawasan Sanur sebagai objek wisata unggulan dan berkualitas sekaligus sebagai ikon pariwisata Pulau Dewata.

Wakil Wali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa di sela evaluasi dan monitoring kawasan tersebut di Sanur, Bali, Jumat (22/04/2022) mengajak seluruh masyarakat Sanur untuk bersinergi dalam proses penataan agar memiliki nilai jual yang tinggi dan daya saing di sektor pariwisata.



“Desa Sanur adalah jantungnya Denpasar, karena merupakan daya tarik pariwisata Kota Denpasar dan memiliki potensi bisnis yang besar, segala upaya, termasuk penataan, fasilitasi pedagang, pemberian pelatihan kepada para pedagang tentang tata kelola pariwisata. Semua itu tak lain untuk memajukan Sanur sebagai ikon pariwisata di Denpasar,” ujar Arya Wibawa.

Konsultan Perencana PT TARU, Ari Setya Wibawa mengatakan sesuai masterplan pembangunannya dimulai dari Pantai Bangsal Sanur hingga Pantai Mertasari dengan panjang 5,8 kilometer. Poin pembangunan tahap kedua, yakni untuk penataan ruang dan pembaharuan seluruh fasilitas di sepanjang Pantai Sanur.

Ia mengatakan penataan ruang tersebut, meliputi penataan untuk pintu akses masuk, pedestrian, jalur bersepeda dan kios-kios pedagang yang akan diberikan ruang khusus yang sinkron dengan desain penataan, bangku duduk, area hijau, pembangunan plaza yang luas untuk tempat duduk maupun pertunjukan.



Setya Wibawa, lebih lanjut menjelaskan pada ‘upgrade’ fasilitas meliputi playground, tempat pelatihan surfing, shower di sepanjang pantai, koneksi internet wifi dengan komponen yang cukup baik untuk pengunjung, kamar kecil (toilet), bangsal nelayan dan lainnya.

“Pembangunan tersebut rencananya dimulai pada awal bulan Mei, dengan pagu anggaran Rp28 miliar,” kata Ari Setya Wibawa.


Pewarta : I Komang Suparta
Editor : Endang Sukarelawati

Kantor Berita ANTARA