Polda Bali Beri Mudik Gratis Guna Cegah Penggunaan Kendaraan Pribadi

Peserta mudik gratis dari Polda Bali saat masuk ke bus di Terminal Ubung, Denpasar, Jumat (5/4/2024). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

INFODENPASAR, Denpasar – Kepolisian Daerah (Polda) Bali memberi kesempatan ratusan masyarakat ikut mudik gratis untuk mencegah penggunaan kendaraan pribadi saat arus mudik Lebaran 2024.

“Tadi itu kurang lebih 650 pemudik yang kita berangkatkan dengan 15 bus, tujuannya wilayah Jawa Timur, itu untuk mengurangi dan mencegah mudik dengan kendaraan pribadi,” kata Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kd Putra Narendra di Denpasar, Jumat (05/04/2024).

Ia mengingatkan pemudik terkait dengan cuaca ekstrem saat masa mudik Lebaran tahun ini sehingga mereka harus mempersiapkan diri dengan baik dari dampak potensi hujan deras dan tanah longsor di jalan.

“Kemarin juga dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) menyampaikan masalah cuaca ekstrem yang beberapa kali terjadi di Bali maupun laut, jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Pada mudik gratis kali ini, Polda Bali mengajak 650 pemudik yang terdaftar di Kabupaten Badung, Gianyar, Tabanan, dan Kota Denpasar. Mereka mendapatkan layanan mudik gratis menggunakan bus-bus yang akan mengantar ke Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, dan Banyuwangi.

Pihaknya juga menyiapkan pos pengamanan dan pemeriksaan kesehatan guna memastikan pemudik maupun sopir bus dalam kondisi sehat dan terlayani sepanjang jalur menuju akses penyeberangan Pelabuhan Gilimanuk.

“Kita harapkan program ini menjadi suatu bagian dari pada upaya Polda Bali untuk berbagi dan juga untuk mengatasi kepadatan lalu lintas. Semoga nanti dengan adanya pos-pos pengamanan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kepolisian, kesehatan dan lain sebagainya,” katanya.

Narendra mengatakan berdasarkan pantauan bersama Kapolri dan Menteri Perhubungan di jalur penyeberangan, situasi hingga saat ini masih normal dan lancar namun diprediksi puncak arus mudik di daerah setempat pada H-3 Lebaran 2024.

Salah satu peserta mudik gratis Polda Bali yang sudah bersiap sejak pukul 8.00 Wita di Terminal Ubung, Denpasar, bernama Lena (40), mengaku terbantu atas program ini.

Ia mengaku awalnya hendak berangkat dengan dana pribadi menuju Madura, namun biaya transportasi umum saat Lebaran sebagai memberatkannya.

“Saya berterima kasih, mudik gratis enak tidak mengeluarkan biaya dan ini dapat sembako juga, jadi saya bisa ke Madura tapi nanti turun di Terminal Bungurasih,” ucapnya.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor : Adi Lazuardi

Kantor Berita ANTARA