Polda Bali Turunkan 590 Personel Amankan Maybank Marathon 2023

Pelaksanaan apel kesiapan gelaran lomba lari Maybank Marathon 2023 di area parkir Pura Masceti, Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat (25/8/2023). ANTARA/HO-Humas Polda Bali/aa.

INFODENPASAR, Gianyar – Sebanyak 590 personel Kepolisian Daerah (Polda) Bali siap mengamankan gelaran lomba lari Maybank Marathon yang akan digelar pada 27 Agustus 2023.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Bali Komisaris Besar Polisi Soelistijono saat menggelar apel persiapan di area parkir Pura Masceti, Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Jumat (25/08/2023).

Soelistijono mengatakan Polda Bali telah melakukan persiapan akhir dan pemetaan personel untuk menyukseskan gelaran Maybank Marathon 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus 2023 dengan mengambil start dan finish di Bali Safari and Marine Park Gianyar, Bali.

Karena itu, mantan Dirpolairud Polda Bali itu meminta seluruh personel yang terlibat pengamanan Maybank Marathon 2023 dapat melaksanakan pengamanan dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab sesuai rencana pengamanan dan standar operasional prosedur yang sudah ditetapkan.

Soelistijono juga meminta para pejabat operasi sampai ke tingkat Pengendali Lapangan (Padal) turun langsung ke lapangan untuk memimpin dan mengendalikan operasi pengamanan guna memastikan tanggal 27 Agustus 2023 pukul 02.00 Wita dini hari sudah bersiap di masing-masing lokasi pengamanan sepanjang rute Marathon yang diawali dengan Apel ploting Pam di masing-masing Satgas Pam dan dipimpin oleh Kasatgas dan Padal Pam.

Selain itu, personel pengamanan rute Marathon pada saat pelaksanaan pengamanan membelakangi peserta marathon menghadap masyarakat untuk mengawasi dan mencegah potensi ancaman dan gangguan.

Tak hanya itu, personel pengamanan pengamanan (Panwal) roda empat PJR diminta melakukan penyisiran rute guna memastikan rute aman dan tidak ada gangguan, sekaligus mengimbau dan memberitahu masyarakat yang menonton bahwa rombongan peserta marathon akan lewat, sekaligus menyampaikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat sekitar.

“Mari kita semua saling mendukung dan bekerja sama agar Maybank Marathon ini sukses, aman dan lancar serta tidak terjadi gangguan Kamtibmas dan seluruh peserta marathon sehat dan selamat sampai berakhirnya kegiatan,” kata Kombes Pol. Soelistijono.

Karo Ops Polda Bali mengatakan personel lalu lintas akan melakukan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi dan mengurai kemacetan yang timbul dari pelaksanaan Maybank Marathon 2023.

Upacara persiapan personel menyambut Maybank Marathon dihadiri oleh Direktur Pamobvit Polda Bali Kombes Pol. Harri S. Nugroho dan Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada.

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Budi Suyanto

Kantor Berita ANTARA