Presiden: Gotong Royong Selamatkan Indonesia Dari Dampak Pandemi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan saat membuka Perayaan Imlek Nasional 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (29/1/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha)

INFODENPASAR, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa budaya gotong royong telah menyelamatkan Indonesia dari dampak parah yang ditimbulkan pandemi COVID-19.

Presiden mengaku sangat senang atas perilaku masyarakat yang menjaga budaya saling menolong, saling membantu, dan bergotong royong pada awal pandemi melanda Indonesia.

“Saling membantu, bergotong royong, dan saling bergandengan, itulah negara kita Indonesia, negara Pancasila. Itulah yang menyelamatkan kita, saling membantu, saling menolong, dan bergotong royong,” kata Jokowi saat membuka Perayaan Imlek Nasional 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (29/01/2023).

Presiden mengajak masyarakat bersyukur atas keberhasilan Indonesia dalam penanganan pandemi COVID-19 yang relatif baik dan diakui dunia internasional.

“Jangan lupa bersyukur bahwa PPKM sudah dicabut akhir tahun 2022 yang lalu pada bulan Desember. Kita ini sering lupa kalau sudah enak. Lupa kalau sudah sekarang normal, meskipun ini masih pada masa transisi,” katanya.

Jokowi mengingatkan bahwa Indonesia sempat mengalami keadaan serba sulit dalam memenuhi berbagai kebutuhan penanganan pandemi COVID-19, seperti alat perlindungan diri (APD), tabung oksigen, hingga vaksin.

Hal itu, katanya, diperburuk dengan penutupan tempat-tempat umum yang harus dilakukan demi menangani penyebaran COVID-19, seperti mal, pasar, bioskop, tempat ibadah, hingga warung dan toko kecil.



Oleh karena itu, Presiden menyerukan agar budaya gotong royong dan tolong menolong tetap dipertahankan memasuki masa transisi setelah pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Yang besar gandeng yang kecil, yang tengah gandeng yang kecil, yang gede gandeng yang kecil, semuanya bermitra, kemitraan bergandengan. Kalau saat pandemi bisa, saat normal pun harus diteruskan saling membantu, saling menolong sehingga semuanya akan saling terangkat naik,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Kepala Negara mengawali sambutannya dengan menyampaikan Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzi Li kepada segenap masyarakat yang merayakan.

“Selamat Tahun Baru Imlek 2574, Gong Xi Fa Cai. Semoga kebahagiaan dan kesejahteraan selalu menyertai kita semuanya,” kata Jokowi.

Turut hadir dalam pembukaan Perayaan Imlek Nasional 2023 di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) Teten Masduki, Menteri BUMN Erick Thohir, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Presiden Kelima RI Megawati Seokarnoputri.

Pewarta : Gilang Galiartha

Kantor Berita ANTARA