Presiden Jokowi: Hampir Separuh Negara di Dunia Saat Ini Jadi “Pasien” IMF

Tangkapan layar - Presiden RI Joko Widodo saat menyampaikan pidato dalam pembukaan Mahasabha XIII KMHDI di Universitas Tadulako, Palu, diikuti dalam jaringan (daring) Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu (30/8/2023). (ANTARA/Andi Firdaus).

INFODENPASAR, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan hampir separuh negara di dunia saat ini menjadi “pasien” Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) seiring berbagai tantangan global di era endemi COVID-19.

“Saya bertanya kepada managing director-nya IMF, terakhir berapa negara yang jadi pasiennya IMF? 96 negara, hampir separuh negara di dunia sekarang ini menjadi pasiennya IMF. Artinya sekali lagi, tantangan dunia saat ini semakin tidak mudah,” kata Jokowi saat membuka Mahasabha XIII KMHDI di Universitas Tadulako, Palu, diikuti dalam jaringan (daring) Sekretariat Presiden di Jakarta, Rabu (30/08/2023).

Meski Indonesia berhasil melampaui masa krisis pandemi yang melanda selama tiga tahun dengan baik, tapi Presiden Jokowi memperkirakan tantangan yang dihadapi dunia pada era endemi justru semakin sulit.

Menurut Jokowi, tidak sedikit pula ekonomi sejumlah negara di dunia yang ambruk setelah beberapa saat melampaui masa krisis pandemi.

“Krisis ekonomi, bisa mengatasi pandeminya, tapi tidak bisa mengatasi ekonominya. Krisis pangan bisa diatasi, tapi pangan harganya di banyak negara naik lebih dari 50 persen, ada yang lebih dari 100 persen,” katanya.

 

Pewarta: Andi Firdaus
Uploader : Naryo

Kantor Berita ANTARA