Home NASIONAL Sandiaga Lantik Empat Pejabat Baru Kemenparekraf

Sandiaga Lantik Empat Pejabat Baru Kemenparekraf

Empat pejabat tinggi di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat disumpah sesuai agama masing-masing saat acara pelantikannya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (3/10/2022). ANTARA/HO-Kemenparekraf

INFODENPASAR, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpareraf) Sandiaga Uno melantik empat pejabat tinggi di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Keempat pejabat yang dilantik terdiri atas dua pejabat pimpinan tinggi madya, yakni Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Martini Mohammad Paham dan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekaf Ni Made Ayu Marthini, satu pejabat pengawas yakni Kepala Subbagian Tata Usaha Menteri Teguh Saparyan Dwi Sasongko, dan satu pejabat fungsional Adyatama Kepariwisataan dan Ekraf Sri Kuswantini.

Dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (04/10/2022), Sandiaga memberikan pesan kepada Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf agar mengakselerasi seluruh kegiatan dan program yang ada dalam kedeputian tersebut, termasu kegiatan G20.

Ia juga meminta adanya peningkatan sumber daya manusia (SDM) pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) melalui program up-skillingre-skilling, dan new skilling.

Hal itu dilakukan mengingat banyak kemampuan baru yang perlu dipelajari dalam meningkatkan daya saing SDM Kemenparekraf di era 5.0.

Program-program transformasi digital seperti pengembangan dashboard SDM parekraf dan kelembagaan, program SDM championship wirausaha digital parekraf, serta program yang berkaitan dengan keberlanjutan parekraf dalam bentuk new skilling SDM green and sustainable tourism juga diminta terus dikembangkan.

Make sure berbagai MoU (memorandum of understanding) semuanya ada line of actions, baik yang di lingkup internasional, ASEAN, bilateral, maupun multilateral, hingga program untuk peningkatan produktivitas seperti Gerakan Sadar Wisata hingga Gerakan Usaha Kreatif. Ini dua pilar yang banyak bersinggungan pada masyarakat atau community based tourism,” ujarnya saat pelantikan.

Lebih lanjut, Sandiaga mendorong Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf mengakselerasi target wisatawan Nusantara (wisnus) di tahun 2023 hingga 1,4 miliar pergerakan, melampaui target tahun 2022 sebesar 550 juta.

Program-program lain yang diminta untuk ditingkatkan adalah publikasi kampanye #InDonesiaCare dan #DiIndonesiaAja. Presiden Joko Widodo disebut sudah memberikan arahan berwisata “Di Indonesia Aja” karena keindahan alam dan keberagaman budaya harus dioptimalkan.

“Ini harus digaungkan secara masif melalui tagline yang selalu kita fokuskan untuk pemulihan, begitu juga dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), kita akan sangat all out untuk mendukung,” kata Sandiaga.

Selain itu, dia menginginkan ekspor produk ekraf meningkat terutama kuliner yang hingga saat ini masih di bawah tiga miliar dolar AS, lalu memberikan bantuan pemasaran kepada artisan kreatif melalui sales mission dan hybrid travel mart.

Menparekraf mengamanatkan pula kepada Adyatama Kepariwisataan dan Ekraf memberikan pelbagai inovasi dan mengembangkan parekraf sesuai jabatan dan fungsi.

Adapun pesan kepada Kepala Subbagian Tata Usaha Menteri, Sandiaga menekankan urgensi pelayanan terbaik kepada tim, mampu mengatur alur jadwal Menteri supaya semakin efektif, dan menjalankan fungsi monitoring dan evaluasi dari semua hal yang disampaikan Menparekraf pada saat melakukan pertemuan dengan pemerintah daerah maupun para pemangku kepentingan terkait.


Oleh : M Baqir Idrus Alatas
Editor : Kelik Dewanto

Kantor Berita ANTARA

Exit mobile version