Satpol PP Tak Temukan Orang Tanpa Identitas Masuk ke Bali Saat Arus Balik

Dokumentasi Kepala Satpol PP Bali I Dewa Nyoman Rai Dharmadi saat diwawancara di Denpasar. ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari.

INFODENPASAR, Denpasar – Kepala Satpol PP Bali I Dewa Nyoman Rai Dharmadi di Denpasar, Senin (16/04/2024) menyampaikan hingga saat ini, pihaknya belum menemukan orang tanpa identitas masuk Pulau Dewata saat momentum arus balik Lebaran 2024.

“Di momentum Lebaran 2024 arus balik kami Satpol PP Bali dan daerah bersama kepolisian, TNI, dan dinas dukcapil melakukan penjagaan, pengamanan, dan pemeriksaan identitas, sampai saat ini masih lancar, warga dari luar yang masuk Bali belum ada yang tidak beridentitas,” kata dia.

Sepanjang berlangsungnya arus balik, pemeriksaan identitas berupa KTP elektronik dilakukan di sejumlah pintu masuk baik pelabuhan maupun terminal.

Rai Dharmadi mengakui masa-masa seperti ini harus mendapat perhatian lebih, lantaran rata-rata dalam sehari lebih dari 30 ribu orang masuk Bali, di tengah mulai pulihnya ekonomi dan pariwisata.

Sejauh ini selain belum menemukan orang tanpa identitas, pergerakan orang masuk Bali juga dilihat lebih lancar dari tahun sebelumnya.

Beberapa yang diperiksa adalah orang-orang yang datang bersama rombongan dengan kendaraan pribadi, setelah ditanyai kebanyakan mereka adalah pekerja bangunan panggilan.

“Kita tanya memang yang masuk dengan rombongan itu sebagian pekerja musiman yang bekerja di proyek, satu kendaraan datang mereka, penanggungjawabnya mandornya dan kami sudah melakukan komunikasi sejauh ini semua lancar,” kata Rai Dharmadi.

Kepala Satpol PP Bali itu melihat pulihnya ekonomi dan pariwisata selain harus diantisipasi kerawanan penduduk tanpa identitasnya, juga membawa dampak positif bagi para pekerja.

“Dengan situasi pulih pasca COVID-19 kegiatan pembangunan mulai dilakukan dan butuh tenaga kerja, nah tenaga kerja ini banyak dari lain pulau, itu kan musiman juga selesai proyek kembali lagi ke daerah asal, nah ini kita harapkan mereka melaporkan diri di lingkungan mana tinggalnya, kita harap begitu,” ujarnya.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor : Adi Lazuardi

Kantor Berita ANTARA