Semua Pemain Timnas Harus Siap Cetak Gol ke Gawang Filipina

Penyerang tim nasional Indonesia Ilija Spasojevic memberikan pernyataan kepada media usai berlatih di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (31/12/2022), menjelang laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022 kontra Filipina, Senin (2/1/2022). (ANTARA/Michael Siahaan)

INFODENPASAR, Manila – Penyerang tim nasional Indonesia Ilija “Spaso” Spasojevic mengatakan semua pemain dalam skuadnya harus siap mencetak gol ke gawang Filipina pada Senin (2/1) agar Indonesia ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai juara Grup A.

“Setiap pemain harus siap ketika berada di depan gawang,” kata Spaso di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu malam (31/12/2022).

Menurut pesepak bola berusia 35 tahun itu, skuad Garuda wajib membuka banyak sumber gol karena memerlukan kemenangan dalam selisih gol yang besar kala melawan Filipina sehingga bisa finis di atas Thailand yang diperkirakan bakal menundukkan Kamboja pada hari yang sama di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand.

Andai skenario tersebut terjadi, Indonesia dan Thailand akan memiliki poin sama 10 sehingga penentuan peringkat dilakukan berdasarkan selisih gol.

“Kami belum lolos dan membutuhkan kemenangan untuk menjadi juara grup,” kata Spaso.



Pertandingan pamungkas Indonesia dalam Grup A Piala AFF 2022 melawan Filipina akan digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB.

Partai itu penting bagi Indonesia karena menentukan langkah ke fase berikutnya.

Indonesia akan menyegel slot semifinal jika imbang atau menang atas tuan rumah Filipina, sementara untuk menjuarai grup, Indonesia wajib menang besar agar melampaui selisih gol Thailand yang diperkirakan memenangkan pertandingan terakhirnya melawan Kamboja pada hari yang sama.

Indonesia berada pada peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8), sedangkan  Thailand memuncaki klasemen dengan tujuh poin tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja menguntit pada  peringkat ketiga dengan enam poin di atas Filipina dengan tiga poin dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin.

Filipina dan Brunei dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022.


Pewarta : Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor : Jafar M Sidik

Kantor Berita ANTARA