Shin Ingatkan Vietnam Bahwa Indonesia Kini Lebih Baik

Sejumlah pemain tim nasional Indonesia berlatih di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/1/2023), sehari menjelang laga semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

INFODENPASAR, Jakarta – Menjelang laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Jumat (6/1), pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengingatkan lawannya, Vietnam, bahwa kualitas skuad “Garuda” saat ini lebih baik dari sebelumnya.

“Kami memang pernah kalah melawan Vietnam sebelumnya. Akan tetapi, waktu itu persiapan sangat pendek. Sekarang, sudah cukup waktu mempersiapkan tim yang lebih baik,” ujar Shin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (05/01/2023).

Sejak menangani timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum pernah menang atas Vietnam di level senior maupun U-23.

Satu-satunya kemenangan Shin atas terjadi di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, di mana Indonesia menang 3-2. Namun, saat itu timnas U-20 Vietnam tidak ditangani Park Hang-seo, pelatih timnas senior yang sempat menjadi juru taktik U-23, tetapi Dinh The Nam.

Dalam prosesnya, Shin tidak pernah menang atas Park Hang-seo dalam setiap pertemuan Indonesia dan Vietnam. Terakhir kali mereka bersua, di fase grup SEA Games 2021, Indonesia besutan Shin kalah 0-3.

“Waktu itu masih ada pandemi COVID-19, sekarang, kan, tidak lagi. Indonesia sudah menggulirkan kompetisi, jadi saya bisa memilih pemain. Masa lalu adalah masa lalu,” tutur Shin.

Meski demikian, pria asal Korea Selatan itu tetap menganggap Vietnam tim yang bagus dan sulit dikalahkan. Organisasi dan pertahanan skuad asuhan Park Hang-seo dinilainya sangat baik.

Pandangan serupa juga diutarakan gelandang timnas Indonesia Marselino Ferdinan.

Walau begitu, Marselino tidak ingin perhatiannya cuma fokus pada kekuatan lawan.

“Kami fokus ke tim sendiri, bekerja keras untuk mengambil tiga poin di laga awal semifinal ini,” kata pesepak bola berusia 18 tahun itu.

Pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2022 Indonesia versus Vietnam di SUGBK akan dilaksanakan di SUGBK mulai pukul 16.30 WIB.

Berdasarkan laman 11v11.com, Indonesia dan Vietnam sudah 25 kali bertanding sejak tahun 1991. Selama itu, Indonesia menang delapan kali, kalah tujuh kali dan sisa laga lain tuntas dengan hasil imbang.

Setidak-tidaknya dalam enam tahun terakhir, Indonesia selalu kesulitan saat menghadapi Vietnam. Sejak 7 Desember 2016, Indonesia dua kali imbang dan dua kali takluk saat bersua Vietnam.

Selain itu, pelatih Shin Tae-yong pun belum pernah menang atas Vietnam asuhan rekan senegaranya, Park Hang-seo.


Pewarta : Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor : Gilang Galiartha

Kantor Berita ANTARA