Suzuki dan SkyDrive Kerja Sama Mobil Listrik yang Bisa Terbang

Salah satu pesawat hasil dari SkyDrvie.Inc (ANTARA/Reuters)

INFODENPASAR, Jakarta – Produsen otomotif asal Jepang, Suzuki bermitra dengan SkyDrive Inc, perusahaan yang berfokus pada pesawat lepas landas dan pendaratan vertikal (VTOL), untuk mengembangkan mobil terbang elektrik di masa depan.

Dalam penandatanganan kerja sama, terdapat beberapa poin penting yang akan dilakukan ke depannya, seperti bersama-sama meneliti, mengembangkan, dan memasarkan VTOL listrik, dilansir CarsCoops, Rabu (23/03/2022).

Perusahaan tidak mengungkap detail kerja sama itu, namun mereka memastikan akan membuka pasar baru dengan fokus awal di India, di mana Suzuki menguasai sekitar setengah dari pangsa pasar mobil di sana.

Akhir pekan ini, Suzuki mengumumkan bahwa mereka akan menginvestasikan lebih dari 1 miliar dolar AS di pabrik mereka yang berada di India untuk memproduksi kendaraan listrik dan baterai.

SkyDrive saat ini berkantor pusat di Tokyo dan tahun 2020 mampu mengumpulkan 42 juta dolar AS dalam pendanaan Seri B melalui investor seperti NEC Corp dan Itochu Corp.

Perusahaan saat ini sedang mengembangkan eVTOL dua tempat duduk dan berencana meningkatkan produksi sebelum meluncurkan layanan mobil terbang di Osaka pada 2025, saat kota itu menjadi tuan rumah World Expo.

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Alviansyah Pasaribu

Kantor Berita ANTARA