Terminal Mengwi Estimasi Puncak Arus Pemilir Pada 15-16 April 

Sejumlah armada bus bersiap berangkat selama periode arus balik Lebaran 2024 di Terminal Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Senin (15/4/2024) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

INFODENPASAR, Badung – Terminal Mengwi di Kabupaten Badung, Bali menyebutkan estimasi puncak arus pemilir Lebaran 2024 terjadi pada 15-16 April 2024 karena libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 H sudah berakhir.

“Dari pengamatan kami, lonjakan arus balik mulai terasa pada Minggu dan berlanjut Senin dan Selasa,” kata Pengawas Terminal Tipe A Mengwi Ardani Nirwesti di Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Senin (15/04/2024).

Berdasarkan data Terminal Mengwi, pada Minggu (14/4) sebanyak 1.857 pemilir tiba yang diangkut menggunakan 66 bus.

Jumlah itu tidak jauh berbeda dengan jumlah penumpang yang berangkat mencapai 1.879 orang yang diangkut 77 bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Ia memperkirakan penumpang yang berangkat itu merupakan wisatawan domestik yang kembali ke daerah asal setelah berlibur di Bali.

Sedangkan data sementara pada Senin ini hingga pukul 15.00 Wita, pemilir mencapai 1.743 orang yang diangkut 61 bus dan penumpang yang berangkat mencapai 920 orang dengan diangkut 23 bus.

Adapun keberangkatan tersebut didominasi tujuan Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta.

Sedangkan penumpang yang tiba pada periode arus balik itu sebagian besar berasal dari kabupaten/kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Ardani menambahkan arus mudik dan balik di Terminal Mengwi tergolong unik karena selain didominasi pemudik yang meninggalkan Bali, juga dipadati wisatawan yang datang menumpangi bus.

Sementara itu, terkait kebijakan kerja dari rumah (WFH) bagi sebagian aparatur sipil negara (ASN), lanjut dia, diperkirakan tidak terlalu signifikan memberi pengaruh seperti di arus balik di Pulau Jawa.

Pasalnya, pemilir yang menuju Bali diperkirakan sudah membeli tiket bus jauh hari, begitu juga penumpang yang berangkat melalui Terminal Mengwi.

Terminal Tipe A Mengwi merupakan terminal yang melayani penumpang antarkota antarprovinsi (AKAP) yang berada di bawah naungan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Bali, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan.

Selama angkutan Lebaran 2024, di terminal itu juga didirikan posko terpadu yang berisi layanan informasi oleh kepolisian, TNI, Jasa Raharja, Kemenhub, hingga dinas pemerintah dan instansi terkait lainnya yang dibuka hingga Kamis (18/4).

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Agus Salim

Kantor Berita ANTARA