Terminal Mengwi Sedia Layanan Kesehatan dan Bilik Laktasi Pemudik

Sejumlah pemudik bersiap berangkat di Terminal Tipe A Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (7/4/2024) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

INFODENPASAR, Badung – Terminal Tipe A Mengwi di Kabupaten Badung, Bali, membuka layanan pemeriksaan kesehatan dan ruang khusus laktasi untuk memberi kenyamanan kepada para pemudik Lebaran 2024.

“Kami siapkan layanan kesehatan gratis untuk mendukung arus mudik,” kata Pengawas Terminal Tipe A Mengwi Ardani Nirwesti di Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (07/04/2024).

Ia mengatakan, ruang kesehatan yang sekaligus dapat digunakan untuk ruang laktasi itu dibuka di ruang tunggu keberangkatan.

“Di dalam ruangan itu terdapat kursi dan meja, serta tempat tidur khusus pemudik ketika melakukan pemeriksaan kesehatan,” ujarnya.

Untuk memberikan kenyamanan dan ruang yang lebih pribadi, pihaknya memasang tirai di seluruh ruangan khususnya menjaga ibu yang sedang menyusui bayinya.

Menurut dia, salah satu layanan pemeriksaan kesehatan yakni cek tekanan darah.

Terminal yang berada di bawah naungan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Bali, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan itu juga menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung.
 

Dalam posko terpadu Angkutan Lebaran 2024 yang didirikan di terminal yang melayani jalur bus antarkota antarprovinsi (AKAP) itu juga disiagakan satu unit mobil ambulans yang bisa dimanfaatkan dalam keadaan darurat.

Posko terpadu itu dibuka selama pelayanan arus mudik dan balik Lebaran atau hingga 18 April 2024.

Sementara itu, fasilitas di ruang tunggu terminal tersebut juga cukup memberikan kenyamanan kepada para penumpang di antaranya kursi yang dapat menampung hingga 1.000 orang.

Selain itu, ruangan juga didukung dengan pendingin udara tersentral, kantin yang dapat diakses pemudik khususnya saat waktu berbuka puasa hingga fasilitas toilet yang tersebar di beberapa titik dan dijaga kebersihannya setiap dua jam sekali.

Kemudian, ada juga anjungan tunai mandiri (ATM) untuk memudahkan pemudik mendapatkan uang tunai hingga mushalla kepada pemudik menjalankan ibadah.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor : Adi Lazuardi

Kantor Berita ANTARA