Timnas Basket 3×3 Bertolak ke Bali Ikuti ABL International Cup 2022

Pemain tim nasional bola basket 3x3 putra Rafael Pasha (kiri) membawa bola saat bertanding dalam FIBA World Cup U-18 2021 di Debrecen, Hungaria, Selasa (24/8/2021). (Dokumentasi FIBA)

INFODENPASAR, Jakarta – Tim nasional bola basket 3×3 Indonesia bertolak ke Bali untuk mengikuti ABL International Champions Cup 2022 yang digelar pada 16-17 April sebagai turnamen pemanasan sebelum turun ke SEA Games 2021 Vietnam.

Manajer tim nasional 3×3 Ferri Jufry mengatakan bahwa selain sebagai ajang pemanasan menjelang SEA Games 2021, turnamen tersebut juga merupakan kesempatan untuk mematangkan strategi permainan sekaligus komposisi terbaik timnas.

Ada delapan pemain yang saat ini tergabung dalam pelatnas bola basket 3×3, yakni Dame Diagne, Serigne Modou Kane, Julian Chalias, Surliyadin, Sandy Ibrahim, Oki Wira, Jamarr Andre Johnson, dan Nickson Gosal.

“Uji coba di Bali bisa menjadi ajang seleksi untuk eliminasi awal karena akhir bulan April ada rencana try out ke Manila dan hanya 4 pemain yang akan dibawa,” ucap Ferri dalam siaran pers PP Perbasi dikutip di Jakarta, Senin (11/04/2022).

Ferri mengatakan timnya sengaja berangkat lebih awal ke Bali pada Minggu (10/4) untuk proses adaptasi cuaca mengingat turnamen akan digelar di lapangan outdoor.

ABL 3×3 International Champions Cup 2022 diikuti 11 tim dari negara-negara Asia Tenggara, termasuk calon lawan Indonesia di SEA Games nanti, yakni Vietnam, Kamboja, dan Malaysia.

Sementara itu, peserta lainnya merupakan klub-klub peserta ABL, seperti Saigon Heat dari Vietnam, Singapore Slingers (Singapura), Louvre Surabaya (Indonesia), Platinum (Filipina). Selanjutnya Zamboanga Valiantes (Filipina), Shoot It Dragons (Thailand), dan YKBK (India).

Kejuaraan bola basket 3×3 itu akan memperebutkan hadiah 10.000 dolar AS (sekitar Rp150 juta) untuk sang juara, kemudian 5.000 dolar AS  (Rp72 juta) untuk runner-up, dan 2.000 dolar AS (Rp29 juta) untuk peringkat ketiga.

Setelah mengikuti turnamen di Bali, para pemain akan langsung meninggalkan Pulau Dewata untuk melanjutkan pelatnas pada 20 April sebelum bertolak ke Vietnam pada 8 Mei.


Oleh : Shofi Ayudiana
Editor : Fitri Supratiwi

Kantor Berita ANTARA