TNI AL Tampilkan Budaya Indonesia Di KRI Diponegoro-365 di Jepang

Tari Kecak asal Bali dalam resepsi Indonesia yang digelar di atas KRI Diponegoro-365 yang bersandar di Yokosuka, Jepang, Kamis (3/11) dalam rangka mengikuti kegiatan International Fleet Review 2022. (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

INFODENPASAR, Yokosuka – Para anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menampilkan sejumlah budaya Indonesia kepada para delegasi AL asing di atas KRI Diponegoro-365 yang bersandar di dermaga Funakoshi Quay, Yokosuka, Jepang, Kamis malam.

“Ini merupakan program rutin salah satu tugas TNI AL dalam mendukung diplomasi,” kata Ketua Delegasi Markas Besar AL untuk International Fleet Review 2022 Laksma TNI Retiono Kunto di Yokosuka, Jumat (04/11/2022).

Pertunjukan tersebut digelar dalam resepsi Indonesia sebagai bagian dari keikutsertaan dalam International Fleet Review 2022 untuk rangka memperingati ke-70 Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF).

Retiono mengatakan keikutsertaan Indonesia merupakan program rutin dari kegiatan tahunan tersebut yang juga diikuti oleh angkatan laut dari berbagai negara.

“Kerja sama bilateral angkatan laut secara rutin kita melaksanakan latihan bersama, salah satu kegiatannya ini. Nanti, kalau kita melaksanakan Multilateral Naval Exercise Komodo, Jepang berpartisipasi juga,” katanya.

Tari-tarian yang dibawakan oleh para awak KRI Diponegoro-365 tersebut berasal dari berbagai daerah mulai dari Bali, Kalimantan hingga Papua.

Para delegasi asing pun turut menikmati suguhan budaya tersebut dan turut serta menari Gemu Famire bersama. Tidak hanya itu, berbagai kuliner khas Nusantara pun disajikan, seperti rendang, bakso dan sate.

Retiono berharap melalui acara tersebut hubungan antara perwira militer Indonesia dan berbagai negara bisa semakin erat, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme.

“Yang paling khusus adalah hubungan baik antara kedua angkatan laut, istilahnya navy brotherhood. Itu penting sekali supaya kita bisa saling bertukar pengalaman, meningkatkan profesionalisme dan juga berkomunikasi dengan baik,” katanya.

KRI Diponegoro-365 tiba di Jepang pada Selasa (1/11) yang dipimpin oleh Letkol Laut )P) Kurniawan Koes Atmadja yang disambut oleh Atase Pertahanan KBRI Tokyo Kolonel Pnb Andi Nur Abadi.

Sebanyak 108 anak buah kapal (ABK) yang dibawa KRI Diponegoro-365 akan berlatih selama 45 hari, termasuk 12 tim pendukung dari Kopaska, penyelam, intelijen dan kesehatan.

Terdapat 40 kapal perang yang berpartisipasi dalam International Fleet Review 2022 di Jepang, di antaranya 40 kapal JMSDF, 21 kapal negara peserta.

Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan kegiatan multilateral, di antaranya latihan pencarian dan penyelamatan (search and rescue exercise) dan photo exercise pada 6-7 November mendatang.


 


Oleh : Juwita Trisna Rahayu
Editor : Atman Ahdiat

Kantor Berita ANTARA