Wagub Bali Harapkan IPHI Dukung Program Pembangunan Daerah

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat membuka Muswil Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di Denpasar, Minggu (17/7/2022). ANTARA/HO-Pemprov Bali.

INFODENPASAR, Denpasar – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengharapkan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) di provinsi setempat dapat turut mendukung kebijakan dan program pembangunan daerah.

“Kebijakan dan program pembangunan Bali ke depan harus ditata kembali dan diselenggarakan secara terpola, menyeluruh, terencana, terarah dan terintegrasi dalam satu kesatuan wilayah Bali,” kata Wagub yang biasa disapa Cok Ace itu di Denpasar, Minggu (17/07/2022).

Saat membuka Musyawarah Wilayah ke-VI IPHI Provinsi Bali tersebut, Cok Ace menyampaikan kegiatan musyawarah wilayah sebagai salah satu upaya untuk membina rasa persaudaraan dan toleransi.

Pemprov Bali, lanjut dia, menerapkan konsep Pola Pembangunan Semesta Berencana guna mewujudkan kehidupan bersama yang sejahtera dan bahagia agar terwujud Bali menuju Era Baru yang sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

“IPHI memiliki arti yang sangat penting untuk merenungkan hakikat dan makna perjalanan kehidupan ini. Sedangkan melalui muswil ini saya harapkan mampu meningkatkan silaturahmi, introspeksi dan evaluasi diri,” ucapnya.

Cok Ace menambahkan, rasa persaudaraan, kedamaian, ketenteraman, toleransi dan kebersamaan dalam kehidupan semua perlu terus dipelihara, dihidupkan dan disegarkan di tengah bangsa yang majemuk ini.

“Terlebih di era milenial ini kita juga akan mengalami perubahan-perubahan sebagai konsekuensi dari era globalisasi yang melanda seluruh bangsa-bangsa di dunia, baik yang berkaitan dengan pendidikan termasuk masalah moral, etika dan spiritualitas hidup beragama,” ujarnya.

Oleh karena itu, umat diharapkan mampu beradaptasi dan mengendalikan diri dengan baik, sehingga apa yang menjadi makna dari kehidupan beragama dapat dilaksanakan dengan rasa tanggung jawab.

“Kerukunan hidup beragama perlu terus dipupuk sehingga gejolak-gejolak sosial yang akhir-akhir ini muncul ke permukaan dapat dihindari dan dikendalikan ke arah pemikiran yang jernih,” kata pria yang juga Ketua PHRI Bali itu.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) H Erman Suparno mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya Musyawarah Wilayah VI IPHI Provinsi Bali itu.

“IPHI Bali berdiri tegak dalam mendukung program pemerintah daerah, sehingga berjalan selaras dalam menjaga kedamaian Bali menuju Era Baru di bawah visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” kata Erman.


Pewarta : Ni Luh Rhismawati
Editor : Budi Santoso

Kantor Berita ANTARA