Wagub Bali Terima Parlemen Timor Leste Bahas Infrastruktur

Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati saat menerima kunjungan parlemen Timor Leste di Denpasar, Senin (25/7/2022). ANTARA/HO-Pemerintah Provinsi

INFODENPASAR, Denpasar – Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menerima kunjungan kerja Parlemen Nasional (DPR) Timor Leste yang membidangi komunikasi dan infrastruktur, di Denpasar (25/7) yang antara lain membahas soal infrastruktur, khususnya di Bali Selatan dan Bali Utara.

Wakil gubernur yang akrab disapa Cok Ace dalam keterangannya, Selasa (26/07/2022), menyampaikan bahwa Bali sebagai daerah tujuan pariwisata dunia terus berupaya meningkatkan fasilitas pariwisata, termasuk pembangunan berbagai infrastruktur pendukung.

Akan tetapi tak dapat dipungkiri, ketimpangan-ketimpangan antara sektor pariwisata dengan sektor lainnya masih menjadi pekerjaan rumah. Pun juga ketimpangan dari perbedaan wilayah, seperti Bali Selatan dan Bali Utara.

“Saat ini di Bali masih terjadi ketimpangan antar wilayah seperti Bali Utara dan Bali Selatan. Untuk itu kami Pemprov Bali terus berupaya mengurangi ketimpangan yang ada salah satunya dengan pembangunan infrastruktur sehingga pembangunan di Bali merata dan tercipta integrasi infrastruktur darat, laut dan udara,” kata wagub Cok Ace.



Di depan 14 peserta rombongan kunjungan kerja Timor Leste, wagub asal Ubud tersebut menyebutkan sejumlah proyek yang sedang dibangun di Bali, baik proyek pendukung pariwisata, maupun mengurangi ketimpangan seperti pembangunan Pelabuhan Sanur, pengembangan Pelabuhan Benoa serta shortcut Buleleng dan Shortcut menuju Bali bagian Barat (Pelabuhan Gilimanuk). 

Ia juga menuturkan soal proyek Pusat Kebudayaan Bali (PKB) Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali yang akan menjadi akses komunikasi sekaligus destinasi wisata baru di Bali Utara.

“Dengan pembangunan infrastruktur ini kami harap daerah lain di Bali juga berkembang dan jarak tempuh antar kabupaten juga lebih singkat, dengan demikian ketimpangan dapat diatasi dan tercipta kesejahteraan di seluruh wilayah Bali,” ujar wakil gubernur.



Sementara itu, Ketua Komisi E Parlemen Nasional Timor Leste Francisco De Vasconcelos yang berfokus pada urusan infrastruktur dan komunikasi mengaku tiba di Bali untuk melihat perkembangan dan objek infrastruktur di Pulau Dewata, tentunya juga dikatakan untuk mempererat silaturahmi.

“Bali sangat strategis bagi kami, selain banyak warga kami yang belajar disini, airport disini juga sebagai tempat transit kami menuju negara lain. Untuk itu kami ingin melihat bagaimana Bali mengintegrasikan pembangunan infrastruktur darat, laut dan udaranya,” kata Vasconcelos di Denpasar.

Dengan kunjungan ini Pemerintah Provinsi Bali berharap dapat terus menjalin hubungan baik antara Timor Leste dengan Indonesia khususnya Bali.

Oleh : Ni Putu Putri Muliantari
Editor : Edy M Yakub

Kantor Berita ANTARA