Wapres: Capaian Garuda Muda Harus Tetap Kita Hargai

Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi memberikan keterangan pers di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (30/4/2024) terkait dengan kekalahan timnas Indonesia U-23 dari Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23 2024 Qatar. ANTARA/Benardy Ferdiansyah

INFODENPASAR, Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan pencapaian timnas Indonesia U-23 yang mampu lolos hingga babak semifinal Piala Asia U-23 2024 Qatar merupakan suatu kebanggaan dan tetap harus dihargai.

Wapres merespons kekalahan 0-2 Garuda Muda dari Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23.

“Kita memang merasa sedikit kecewa kalah oleh Uzbekistan. Sebenarnya mestinya masih bisa menang tetapi mungkin belum beruntung. Artinya, permainan kita cukup bagus tetapi kemarin tuh apes. Bagaimanapun kita tetap bangga karena kalau kita bisa masuk semifinal, itu prestasi yang harus kita hargai,” kata Wapres di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (30/04/2024).

Kendati kalah, Wapres mengatakan Garuda Muda masih memiliki harapan untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. Untuk itu, ia mengharapkan timnas U-23 segera melupakan kekalahan dari Uzbekistan dan fokus hadapi pertandingan selanjutnya melawan Irak.

“Kita masih punya harapan ikut di Olimpiade. Kita bisa peringkat tiga kalau menang lawan Irak. Jadi, kita lupakan saja kekalahan dari Uzbekistan. Kita kembali supaya semangat dan harus menang lawan Irak supaya nanti bisa ikut di Olimpiade, walaupun peringkat tiga,” ujar Wapres.

Wapres pun mengharapkan Garuda Muda bertanding dengan percaya diri dan punya keyakinan untuk menang saat melawan Irak karena dengan lolos ke Olimpiade juga merupakan suatu kebanggaan dan menorehkan sejarah baru.

“Saya harap mereka berjuang dengan tinggi, percaya diri, dan harus punya keyakinan untuk menang, jangan nervous, dan jangan terpengaruh kekalahan Uzbekistan. Kita doakan semua mudah-mudahan Garuda menang. Kalau kita bisa memenangkan pertandingan untuk merebut peringkat tiga akan jadi kebanggaan tersendiri dan sejarah baru. Kebanggaan juga karena bisa masuk Olimpiade,” kata Wapres.

Diketahui, pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong (STY) mengaku optimistis skuad Garuda Muda bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024 meski kalah melawan Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia.

“Uzbekistan tetaplah tim yang kuat, jadi selamat untuk tim Uzbekistan. Kami tetap mempunyai peluang untuk melaju ke Olimpiade,” ujar Shin Tae-yong seperti dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Selasa.

STY mengatakan, anak asuhnya sudah berusaha maksimal saat menghadapi Uzbekistan. Namun, pada pertandingan kali ini Uzbekistan bermain lebih baik.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Eka Arifa Rusqiyati

Kantor Berita ANTARA