Wapres Yakini Piala Dunia U-17 Berjalan Baik di Tengah Tahapan Pemilu

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah, Jakarta, menuju Bandara Internasional Yogyakarta, Senin (26/6/2023). ANTARA/HO-BPMI Setwapres/Yohanes Liniandus/aa.

INFODENPASAR, Yogyakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meyakini perhelatan Piala Dunia U-17 di Tanah Air akan berjalan baik meski berlangsung di tengah pelaksanaan tahapan pemilu.

“Kalau Pemilu itu dilaksanakan dengan baik, saling pengertian, dan tidak ada konflik, saya kira kompetisi (U-17) itu akan berjalan dengan baik,” kata Wapres di sela kunjungan kerja di Kebumen, Jawa Tengah, Senin (26/06/2023).

Sebagaimana diketahui Federasi Sepakbola Internasional atau Fédération Internationale de Football Association (FIFA) secara resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Penyelenggaraan ajang sepak bola bergengsi tersebut diagendakan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023 bersamaan dengan pelaksanaan tahapan pemilu.

Menurut Wapres, penyelenggaraan U-17 dan pelaksanaan tahapan pemilu dapat berjalan baik dengan adanya partisipasi dan kerja sama antara seluruh pihak terkait.

“Kita harapkan suasana pemilu kita kondusif,” ujar Wapres.

Wapres meminta agar persiapan pemilu tidak menghambat Indonesia yang mendapatkan kesempatan besar untuk menunjukkan taring-nya di kancah sepak bola internasional.

“Sebaiknya itu tidak menghambat berbagai kegiatan kita, termasuk kegiatan ekonomi, kegiatan sosial, dan juga kegiatan ketika kita menjadi penyelenggara kompetisi besar,” harap Wapres.

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga meminta agar momen Indonesia menjadi tuan rumah U-17 dapat dipersiapkan secara matang sehingga mendapatkan hasil optimal, termasuk dari sisi keamanannya.

“Kita harus bisa melaksanakannya dengan baik, mempersiapkan dengan matang supaya penyelenggaraannya itu bagus. Dan kemudian juga secara keamanannya harus terjamin,” ujarnya.

Wapres juga berharap kontingen Indonesia dapat meraih prestasi di ajang sepak bola internasional tersebut.

“Selain kita bisa menjaga prestise kita sebagai penyelenggara, jangan lupa kita harus juga (berhasil) prestasinya,” jelas Wapres.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor

Kantor Berita ANTARA