WNA Pelanggar Lalu Lintas Dan Dorong Polisi di Bali Diamankan

ANTARA Video - Kepolisian Daerah Bali mengambil langkah hukum bagi Warga Negara Asing (WNA) yang melanggar lalu lintas dan mendorong petugas saat ditilang di kawasan Sunset Road, Badung, Bali, Senin (18/9). Pria berkewarganegaraan Inggris itu kini dalam proses hukum dan terancam dideportasi. (Rita Laura/Rizky Bagus Dhermawan/Rully Yuliardi Achmad)

INFODENPASAR, Denpasar – Warga negara asing (WNA) pelanggar lalu lintas yang viral di media sosial karena melawan hingga mendorong polisi berhasil diamankan Kepolisian Daerah (Polda) Bali.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali Komisaris Besar Polisi Jansen Avitus Panjaitan di Denpasar, Rabu, mengatakan pelaku WNA Inggris bernama AAM itu berhasil diamankan di Canggu, Badung pada Selasa (19/09/2023).

“Saat ini tindakan yang dilakukan mengamankan pelaku dan barang bukti, memberikan tilang kepada pelaku, memeriksa saksi dan pelaku, serta berkoordinasi dengan pihak imigrasi untuk melakukan proses hukum serta deportasi terhadap pelaku,” kata Jansen.

Dijelaskan olehnya, kejadian tersebut terjadi pada Senin (18/9) lalu di depan Pos Polisi Lalu Lintas Jalan Sunset Road, Kuta, Badung, di mana WNA Inggris tersebut mendorong anggota Satlantas Polresta Denpasar Aiptu Puji Santoso yang bertugas melakukan pengaturan lalu lintas bersama Aiptu Nyoman Siki Asmara.

Saat itu, pelaku terlihat sedang mengendarai sepeda motor jenis Yamaha N’Max bernomor polisi 3085 FCP.

WNA laki-laki berusia 29 tahun itu sedang berhenti karena lampu lalu lintas menunjukkan warna merah, namun polisi mendapati ia sedang mengangkut penumpang WNA perempuan yang tidak menggunakan helm.

Pelaku kemudian berniat kabur, namun dihalangi oleh polisi Aiptu Puji Santoso untuk diminta ke pinggir agar diperiksa surat kelengkapan berkendaraan-nya.

Tak terima, bule tersebut marah dan mendorong korban hingga hampir terjatuh. Aksi kabur-nya masih gagal karena polisi tetap menghalangi jalannya, akhirnya WNA Inggris tersebut turun dari sepeda motor.

“Terlapor emosi turun dari motor langsung menampar korban ke arah muka sampai┬ápet┬ákorban lepas dan terjatuh,” ujar Jansen.

Dalam kondisi tersebut, korban tetap berusaha sabar dan bersikap profesional hingga akhirnya saksi Aiptu Nyoman Siki Asmara datang dan ikut menenangkan terlapor sambil memberi teguran.

Saat itu polisi meminta pelaku agar mengambil helm sembari memberikan edukasi agar mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia, selanjutnya dilakukan diskresi kepolisan dengan memperbolehkan terlapor pergi untuk menghindari kemacetan dan kerumunan di TKP.

Untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tak terulang, Aiptu Puji Santoso memutuskan untuk melaporkan kejadian tersebut ke Polresta Denpasar, hingga akhirnya WNA Inggris tersebut berhasil diamankan.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor : Adi Lazuardi

Kantor Berita ANTARA