Yayasan Bali Bina Umat Mandiri Sejahtera Peduli Lingkungan Bersama PT Pertamina TBBM Sanggaran

Kegiatan penghijauan yang dilakukan Yayasan Bali Bina Umat Mandiri Sejahtera bersama PT. Pertamina TBBM Sanggaran, pihak lingkungan Banjar Kebonkuri, Babhinsa kelurahan Kesiman serta ormas kelurahan Kesiman. (INFODENPASAR)

INFODENPASAR, Denpasar – Yayasan Bali Bina Umat Mandiri Sejahtera merupakan sebuah yayasan yang bergerak dalam kepedulian terhadap sosial dan lingkungan, melakukan aksi menanam pohon di lingkungan Jalan Cempaka Putih, Banjar Kebonkuri, Renon.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengelolaan lingkungan terpadu dari Yayasan Bali Bina Umat Mandiri Sejahtera. Program dari Yayasan yang berdiri sejak tahun 2016 ini diantaranya melakukan penghijauan, pengadaan alat kebersihan umum serta pengelolaan lingkungan yang berupa pengelolaan sampah, barang bekas dan pemanfaatan barang bekas yang bisa dijual. Selain itu juga terdapat pelatihan pembuatan kerajinan tangan berbahan baku sampah plastik.

Dalam melakukan pengolahan sampah, Yayasan bekerjasama dengan beberapa pedagang guna pengadaan bahan baku sampah itu sendiri. Selain itu juga dibantu oleh Komunitas Cinta Lingkungan (KANCIL) dengan menggunakan whatsapp sebagai sarana penyalur informasi.

Penyerahan bantuan oleh PT Pertamina TBBM Sanggaran kepada Yayasan Bali Bina Umat Mandiri Sejahtera (INFODENPASAR)

Pada hari Kamis (17/12/2020), Yayasan Bali Bina Umat Mandiri Sejahtera mendapatkan bantuan dana CSR PT. Pertamina TBBM Sanggaran untuk pengelolaan lingkungan serta penghijauan. Ini merupakan kedua kalinya Yayasan Bali Bina Umat Mandiri Sejahtera menerima bantuan dari PT. Pertamina TBBM Sanggaran setelah sebelumnya pada tahun 2018. “Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat membantu kelompok masyarakat untuk bisa berkembang hingga mandiri” ujar Bapak Andika perwakilan PT. Pertamina TBBM Sanggaran.

Bantuan dari PT. Pertamina TBBM Sanggaran ini diberikan dalam bentuk motor roda tiga yang nantinya digunakan untuk mengangkut sampah yang akan diolah. Selain itu juga diberikan 4 unit mesin jahit yang diperuntukan untuk pembuatan kerajinan tangan berbahan baku sampah plastik dan karung goni, serta 40 bibit pohon yang akan ditanam di lingkungan sekitar.

Selain pemberian bantuan CSR oleh PT. Pertamina TBBM Sanggaran dilakukan juga kegiatan penghijauan yang dilakukan Yayasan Bali Bina Umat Mandiri Sejahtera bersama PT. Pertamina TBBM Sanggaran, pihak lingkungan Banjar Kebonkuri, Babhinsa kelurahan Kesiman serta ormas kelurahan Kesiman.

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang tetap hijau hingga terhindar dari potensi masalah lingkungan. “Saya berharap siapapun yang hadir ke tempat ini, semoga dapat peduli terhadap lingkungan sekitar dengan menjaga kebersihan lingkungan agar lingkungan yang dijadikan pemukiman ini tidak ada potensi masalah lingkungan ke depannya” ujar Sanny Atqo Billah selaku ketua Yayasan Bali Bina Umat Mandiri Sejahtera.

Dengan semua program yang dilakukan Yayasan Bali Bina Umat Mandiri Sejahtera diharapkan dapat mengembangkan potensi penerapan pengolahan sampah serta dapat membantu sekitar untuk menjaga lingkungan.

Pewarta : Eka Widya Putra