Dua Juta Wisatawan Kunjungi Tanah Lot di Tahun 2023

Sejumlah wisatawan mengunjungi objek wisata Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, Bali, Minggu (31/12/2023). ANTARA/HO-Humas DTW Tanah Lot.

INFODENPASAR, Tabanan – Sebanyak dua juta wisatawan mengunjungi objek wisata Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, Bali dalam kurun waktu Januari hingga Desember 2023.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022.

“Kunjungan wisatawan domestik dan asing ke daerah tujuan wisata Tanah Lot pada tahun 2023 mencapai 2,018 juta orang, jumlah kunjungan wisatawan ini naik jika di bandingkan tahun 2022 yang mencapai 1,321 juta pengunjung,” ujar Asisten Manajer DTW Tanah Lot I Putu Toni Kurniawan, di Tabanan, Bali, Minggu (31/12/2023).

Putu Toni Kurniawan mengatakan 2,018 juta kunjungan wisata tersebut untuk domestik didominasi oleh wisatawan yang berasal dari daerah Jawa Tengah sedangkan mancanegara didominasi wisatawan dari negara Eropa dan India.

Dalam kesempatan yang sama Toni Kurniawan menjelaskan tentang rencana kenaikan harga tiket masuk ke Tanah Lot yang akan berlaku mulai 1 Januari 2024.

Untuk wisatawan domestik dewasa harga tiket masuk yang awalnya Rp20 ribu menjadi  Rp30 ribu per orang dan wisatawan mancanegara dewasa yang awalnya Rp60 ribu menjadi Rp75 ribu per orang.

“Kenaikan harga tiket ini tidak berpengaruh dengan kondisi kunjungan wisatawan di tahun 2024, Saya optimis bahwa di tahun depan kunjungan akan tetap meningkat mengingat objek wisata tanah lot menjadi salah satu alternatif liburan bagi pelancong yang hendak menghabiskan masa liburan mereka selama berada di Tabanan, ” kata Toni Kurniawan.

Pewarta: Pandhe Yuda
Editor : Widodo Suyamto Jusuf

Kantor Berita ANTARA