Jangan Takut, New Normal Sama Dengan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat

Oleh: Ricky Subagja

New Normal adalah tatanan, kebiasaan, dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Tatanan baru ini perlu ada sebab hingga kini belum ditemukan vaksin definitif dengan standar internasional untuk pengobatan virus corona. Para ahli masih bekerja keras untuk mengembangkan dan menemukan vaksin agar bisa segera digunakan untuk pengendalian pandemi COVID-19.

Beberapa saat yang akan datang tentunya banyak daerah yang secara bertahap akan memulai mengimplementasikan new normal sejalan dengan mulai dijalankan kembali aktivitas aktivitas produktif dalam rangka untuk mempertahankan kinerja keseluruhan.

Lebih dari dua bulan kondisi masyarakat dihadapkan dengan gencarnya imbauan edukasi yang berawal dari penggunaan masker dan selalu mencuci tangan, hingga sampai pada pembatasan aktivitas sosial atau ‘social distancing’.

Kemudian meningkat menjadi menjaga jarak aman setiap individu atau ‘physical distancing’, hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Semua itu dilakukan untuk mendukung pemutusan rantai penularan COVID-19.

Dari kejadian wabah COVID-19 ini, terkadang berbagai pihak lupa bahwa secara tidak sadar kita terdidik untuk selalu menjalankan pedoman kebersihan (protokol kesehatan COVID-19). Semua dilakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berfikir apakah itu akibat virus atau apapun.

Hal itu menjadi sebuah kebiasaan dalam aktivitas yang selama ini kita lupa atau bahkan tidak peduli, terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang telah diimbau sekian lama. Saat ini perilaku tersebut menjadi sebuah kebiasaan yang otomatis atau disebut juga dengan “Habits”.

Dengan menjalankan perilaku tersebut menjadi sebuah Habits, serta jangan takut, yakin dan percaya kita akan mampu menghadapi kehidupan normal berdampingan dengan keberadaan COVID-19 ini.

Selain itu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, terutama sayur, ikan atau daging dan istirahat yang cukup diyakini mampu menjaga agar kita tetap sehat. Tubuh yang sehat akan mengeluarkan antibodi untuk melawan segala macam virus, serta bakteri apapun agar terhindar dari penyakit.

Perlu diperhatikan, penyebaran COVID-19 bersifat droplet infeksi yaitu penyebaran melalui tetesan kecil dari pembawa virus, baik melalui hidung maupun mulut. Imbauan cuci tangan, penggunaan masker dan jaga jarak dalam aktivitas sosial menjadi hal yang umum disampaikan.

Juga diperlukan menggunakan alat pelindung mata seperti kacamata, agar mengurangi risiko penularan, hal ini pun dilakukan oleh petugas kesehatan di saat pemeriksaan kesehatan.

Diharapkan ini menjadi habits tambahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kita sambut New Normal dengan menerapkan habits dalam menjalankan aktivitas seperti biasa dan tentu saja dengan protokol Kesehatan penanganan Covid-19.

(Koordinator Forum Pegiat Media Sosial Independen Regional Tangerang)