Kapolda Bali Pastikan Akomodasi G20 Gunakan Mobil Listrik

Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Polisi Putu Jayan Danu Putra mencoba mobil listrik yang akan digunakan sebagai akomodasi kegiatan G20 di Denpasar,Bali, Selasa (27/9/2022). ANTARA/HO-Humas Polda Bali

INFODENPASAR, Denpasar – Kepala Kepolisian (Kapolda) Bali Inspektur Jenderal Polisi Putu Jayan Danu Putra memastikan bahwa kendaraan untuk kebutuhan akomodasi para utusan tingkat menteri dan kepala negara yang menghadiri puncak perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November mendatang akan menggunakan mobil listrik.


Hal tersebut disampaikan Kapolda Bali saat menerima kunjungan dari Manajemen Wuling Indonesia di ruang Rupatama Polda Bali, Denpasar, Selasa (27/09/2022).

“Sesuai dengan program pemerintah, Wuling Indonesia merupakan salah satu kendaraan listrik yang eksis di Indonesia, dan kami mendapat info dari Sekretariat Negara bahwa mobil listrik akan datang ke Pulau Bali dalam rangka persiapan KTT G20 pada November nanti,” kata Kapolda Bali.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali Kombes Pol. Satake Bayu Setianto melalui media penyampaian pesan WhatsApp menyatakan jumlah mobil listrik yang digunakan pada saat KTT G20 sebanyak 300 unit.

“Wuling Indonesia akan menjadi penyedia kendaraan pada saat KTT-G20 di Bali pada November nanti dan rencananya Wuling Indonesia akan mengerahkan 300 unit mobil listriknya untuk panitia dan delegasi,” kata Satake Bayu.

Penggunaan mobil listrik tersebut, kata Satake Bayu, merupakan bagian upaya menyukseskan program pemerintah dalam penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

Sementara itu, Sales Manager Wuling Indonesia Wahyu Ariawan mengatakan kunjungan Wuling Indonesia ke Polda Bali adalah menyampaikan spesifikasi kendaraan listrik Wuling yang akan dipakai oleh para delegasi dari berbagai negara pada saat KTT G20 November mendatang.

“Kami mewakili Wuling Indonesia akan menggunakan mobil listrik Wuling Air EV untuk para delegasi dalam perhelatan KTT G20 yang akan diadakan di Bali pada November nanti,” kata dia.

Wahyu Ariawan menjelaskan mobil Wuling tipe Air EV, meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun standar keamanannya sudah dipastikan sesuai dengan standar internasional yang sangat cocok di Pulau Bali dengan kondisi jalan yang tidak terlalu ekstrim.

Pada akhir kegiatan audensi tersebut, Kapolda Bal bersama Pejabat Utama Polda Bali berkesempatan untuk melihat dan mencoba mobil listrik Wuling yang akan digunakan pada saat KTT G20.


Oleh : Rolandus Nampu
Editor : Budi Suyanto

Kantor Berita ANTARA