Home BALI Pelindo Benoa Jamin Pelayaran Tak Terdampak Kebakaran TPA

Pelindo Benoa Jamin Pelayaran Tak Terdampak Kebakaran TPA

Kapal pesiar dan kapal Pelni bersandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Sabtu (21/10/2023) ANTARA/HO-Pelindo Regional III Cabang Benoa

INFODENPASAR, Denpasar – BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional III Cabang Benoa, Denpasar, Bali, memastikan lalu lintas pelayaran termasuk kapal pesiar di Pelabuhan Benoa tidak terdampak kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar.

“Meski situasi ini cukup serius, kami telah mengambil langkah proaktif untuk meminimalkan dampaknya terhadap operasional pelabuhan,” kata General Manager Pelindo Regional III Benoa Anak Agung Gde Agung Mataram di Denpasar, Sabtu (21/10/2023).

Ada pun Pelabuhan Benoa Denpasar berada sekitar lima kilometer atau sebelah selatan dari TPA Suwung Denpasar.

Dampak yang diantisipasi di antaranya asap kebakaran yang hingga saat ini masih mengepul sejak kebakaran pertama kali diketahui pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Sedangkan kepulan asap, tergantung arah angin yang bergerak di sekitar kawasan tersebut.

Berdasarkan data Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, arah angin secara umum di Bali diperkirakan mencapai hingga 34 kilometer per jam yang bertiup dari arah timur-selatan selama 21-23 Oktober 2023.

Meski begitu, pihaknya terus memantau perkembangan situasi kebakaran di TPA Suwung dan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti pemadam kebakaran dan otoritas terkait untuk mengamankan area sekitar pelabuhan.

“Koordinasi aktif dengan otoritas pelabuhan terus kami lakukan dalam memantau dampak kebakaran TPA suwung, tujuannya untuk meminimalkan risiko dan memastikan layanan pelabuhan tidak terganggu,” imbuhnya.

Di sisi lain, Pelabuhan Benoa kini banyak disinggahi kapal pesiar yang selama Januari-Oktober 2023 sudah ada 31 kapal pesiar bersandar atau naik dibandingkan periode sama 2022 hanya dua kapal.

Kebakaran melanda TPA Suwung sejak Kamis (12/10) yang diperkirakan dipicu teriknya sinar matahari dan gas metan yang dihasilkan dari tumpukan sampah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Denpasar mendata kebakaran itu melanda hampir separuh dari total 32 hektare luas TPA Suwung, Denpasar.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor : Adi Lazuardi

Kantor Berita ANTARA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version