Pemkot Denpasar Bantu Kreativitas Disabilitas Lewat Ajang ICD

Wakil Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa bersama para penyandang disabilitas dan undangan dalam acara Indonesia Cinta Disabilitas (ICD) Tahun 2023 di Denpasar, Kamis (24/8/2023). ANTARA/HO-Pemkot Denpasar.

INFODENPASAR, Denpasar – Pemerintah Kota Denpasar, Bali, mewadahi kreativitas dan produk UMKM penyandang disabilitas melalui ajang Indonesia Cinta Disabilitas (ICD) Tahun 2023 yang dipusatkan di Graha Nawasena, Rumah Harapan Kota Denpasar.

“Kegiatan ICD ini wujud gerakan bersama melindungi dan bentuk kepedulian kita kepada para penyandang disabilitas dalam pemenuhan hak-haknya,” kata Wakil Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa di Denpasar, Kamis (24/08/2023).

Melalui ajang itu, kata dia, para penyandang disabilitas bisa menjadi lebih mandiri, berkarya, serta terus dapat berupaya meningkatkan kemampuan inklusi untuk tercapai kehidupan yang lebih baik.

“Saya sangat mengapresiasi hasil karya disabilitas di Kota Denpasar ini, seperti contoh baju kaos yang saya gunakan ini tidak kalah bagusnya dengan pakaian ‘brand’ (jenama) lainnya,” ujar istri Wakil Wali Kota Denpasar itu.

Beragam kegiatan dikemas dalam wadah ICD, seperti lomba literasi tentang difabel, “webinar heart to heart” disabilitas, lomba bahasa isyarat lagu Indonesia Raya, dan lomba vlog dengan tema “Cinta Disabilitas”.

Pameran UMKM disabilitas diikuti 35 peserta disabilitas dengan berbagai macam produk dan jasa.

Selain itu beragam penampilan musik dan kreativitas seni yang digawangi penyandang disabilitas.

Kadis Sosial Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswati mengatakan berbagai lomba oleh penyandang disabilitas telah digelar pada Rabu (23/8), sedangkan hari ini hadiah pemenang diserahkan Ayu Kristi Arya Wibawa

Ajang ICD tahun ini, kata dia, merupakan pelaksanaan kedua kalinya dengan tujuan mewadahi segala bentuk kreativitas dan produk para penyandang disabilitas di Kota Denpasar.

Pelaksanaan kegiatan ini juga dikaitkan dalam rangkaian HUT Ke-78 Kemerdekaan RI sehingga akan menularkan semangat perjuangan kemerdekaan bagi mereka yang berkebutuhan khusus itu.

“ICD sekaligus wahana meningkatkan spirit kemerdekaan bagi penyandang disabilitas,” ujar Ayu Laxmy.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor : Adi Lazuardi

Kantor Berita ANTARA