Home BALI Pemkot Denpasar Gelar D’Youth Fest Wadahi Kreativitas Anak Muda

Pemkot Denpasar Gelar D’Youth Fest Wadahi Kreativitas Anak Muda

Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara saat memberikan keterangan terkait rencana penyelenggaraan Denpasar Youth Festival 2023 di Denpasar, Selasa (17/10/2023). ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

INFODENPASAR, Denpasar – Pemerintah Kota Denpasar menghadirkan ajang Denpasar Youth Festival 2023 (D’Youth Fest 3.0) pada 20-21 Oktober 2023, sebagai salah satu upaya mewadahi kreativitas dan inovasi generasi muda di Ibu Kota Provinsi Bali itu.

“Kami sangat mendorong kreativitas itu tumbuh, apalagi kita memiliki visi menjadikan Denpasar sebagai kota kreatif yang berbasis budaya,” kata Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara di Denpasar, Selasa (17/10/2023).

Puncak D’Youth Fest 3.0 akan dilaksanakan di kawasan Lumintang, Kota Denpasar dengan mengangkat tema Creativity in Diversity yang menggambarkan keberagaman kreativitas yang tercipta di Kota Denpasar.

Ragam acara yang ditampilkan antara lain konser musik, panggung hiburan, festival film, berbagai kompetisi, lokakarya komunitas kreatif, pameran UMKM, serta sejumlah permainan.

Sejumlah musisi legendaris akan memeriahkan ajang D’Youth Fest 3.0 seperti Settle, XXX, Aruma, Meiska, Leeyonk Sinatra, White Swan, Lolot, Navicula, hingga SID dan sebagainya.

Menurut Jaya Negara, kota kreatif dapat terbentuk apabila pemerintah bisa memberikan ruang kegiatan, ruang edukasi serta inkubator.

“Ini (D’Youth Fest) menjadi media untuk memberikan ruang agar anak muda selalu berkreativitas dan semakin berinovasi di Denpasar,” ujarnya didampingi Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana dan Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswati itu.

Dengan berbagai kreativitas generasi muda dimunculkan, maka sumber pendapat asli daerah (PAD) pasti akan tumbuh dan bergerak dengan sendirinya.

Terkait edukasi, lanjut Jaya Negara, Pemerintah Kota Denpasar juga rutin menggandeng perguruan tinggi yang bergelut di bidang teknologi informasi dan ekonomi untuk mengedukasi generasi muda. Termasuk juga melibatkan kalangan perbankan untuk membuka akses permodalan.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar I Gusti Ayu Laxmy Saraswati mengatakan ajang D’Youth Fest juga akan diusulkan ke ajang ke Kharisma Event Nusantara sekaligus mendukung gerakan Bangga Berwisata di Indonesia, khususnya lagi di Denpasar.

Rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak awal Oktober 2023, tak saja melibatkan komunitas dari Kota Denpasar, juga dari kabupaten lainnya bahkan luar Pulau Bali.

“Ajang ini untuk menampung keinginan teman-teman komunitas dan anak-anak muda kreatif,” ucapnya.

Laxmy menambahkan, dalam ajang D’Youth Fest yang digelar untuk kali ketiganya ini juga merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota Denpasar dengan berbagai pemangku kepentingan terkait.

Dia memastikan tidak akan ada tumpang tindih penggunaan anggaran sebesar Rp1,8 miliar yang dikeluarkan Pemerintah Kota Denpasar dengan dana yang dikeluarkan dari pihak swasta yang berkolaborasi dalam penyelenggaraan D’Youth Fest 3.0.

D’Youth Fest kali ini juga melibatkan 35 UMKM yang diharapkan dapat mendorong UMKM semakin bangkit.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor : Adi Lazuardi

Kantor Berita ANTARA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version