Pemkot Denpasar Lakukan Program INNOPA Pacu Kaum Milenial Berkarya

Pemkot Denpasar lakukan program inovatif pacu generasi milenial (ANTARA/HO-Humas Pemkot Denpasar)

INFODENPASAR, Denpasar – Pemerintah Kota Denpasar, Bali, melaksanakan berbagai program inovatif untuk memacu kreativitas generasi milenial berkarya dan upaya tersebut berhasil menjadikan kota itu paling kreatif dan inovatif di Indonesia.

Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa dalam pembukaan “Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA)” di Denpasar, Sabtu (27/11/2021), mengatakan perkembangan inovasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi telah menjadi salah satu fokus utama bagi Pemerintah Kota Denpasar selama beberapa tahun terakhir.

“Sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap inovasi dan kreativitas di Denpasar, dibangun pusat kreatifitas generasi muda, yakni Gedung Dharma Negara Alaya. Tempat ini dibangun untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat Denpasar,” katanya.

Selain itu, kata Wawali Arya Wibawa, bahwa Kota Denpasar sebagai Ibukota Provinsi Bali, sangat tergantung kepada sektor pariwisata. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan sumber daya manusia yang lebih baik untuk mengatasi persaingan global, khususnya di masa pandemi ini, serta tetap membuat Kota Denpasar mampu berdiri dan bersaing dengan kota-kota lainnya.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Denpasar mendukung segala kegiatan positif yang dapat memberdayakan masyarakat, khususnya generasi muda untuk menunjukkan kreativitasnya. Kegiatan Indonesia Inventors Day sejalan dengan visi Pemerintah Kota Denpasar, yaitu “Kota Kreatif Berbasis budaya Menuju Denpasar Maju”.

Acara ini, kata Arya Wibawa berkolaborasi dengan INNOPA diharapkan dapat menjadi platform untuk memperkenalkan produk kreatif lokal, terutama dari usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) Kota Denpasar.

Sementara President of Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA), Erricha Insan Pratisi mengatakan “Indonesia Inventors Day atau IID” adalah ajang tingkat internasional bagi para penemu lokal dan internasional juga ilmuwan riset untuk mempresentasikan hasil penemuannya.

Adapun fokus dalam ajang ini adalah pameran dan kompetisi. Para peserta dapat membawa produk akhir, sampel, prototipe atau mock-up untuk dipresentasikan di Indonesia Inventors Day.

 
Pewarta : I Komang Suparta
Editor : Agus Salim

Kantor Berita ANTARA