Pemprov Bali Gelar “Ngrastiti Bhakti” Mohon Pandemi Segera Berakhir

Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat (PMA) Provinsi Bali I Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Saputra saat mengikuti ritual Ngrastiti Bhati di Pura Sakenan, Rabu (14/7/2021). ANTARA/HO-Pemprov Bali.

INFODENPASAR, Denpasar – Pemerintah Provinsi Bali menggelar ritual “Ngrastiti Bhakti” yang dipusatkan di Pura Dalem Sakenan, Desa Serangan, Kota Denpasar, untuk memohon agar pandemi COVID-19 bisa segera berakhir.

“Untuk pelaksanaan di tingkat desa dikoordinir oleh desa adat. Jadi, desa adat seluruh Bali yang berjumlah 1.493 mengkoordinir pelaksanaan upacara di Pura Khayangan Tiga masing-masing,” kata Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat (PMA) Provinsi Bali I Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Saputra di Denpasar, Rabu (14/07/2021)

Menurut Kartika Jaya saat mewakili Gubernur Bali dalam ritual Ngrastiti Bhakti kali ini dilaksanakan serentak oleh masyarakat Hindu di Bali dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat dan menghindari kerumunan.

Ritual Ngrastiti Bhakti dilaksanakan dengan tatanan upakara-upacara dresta Bali secara serentak di Pura Kahyangan Jagat/Pura Dang Kahyangan sampai Pura Kahyangan Tiga/Kahyangan Desa di seluruh Desa Adat di Bali.

Selain itu, tambah Kartika Jaya, pelaksanaan upacara ini pun bertujuan untuk memohon ampun di hadapan Tuhan atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta memohon berkat-Nya dalam situasi ini.

“Kita juga berdoa semoga pelaksanaan PPKM kali ini bisa berjalan lancar serta pandemi COVID-19 bisa segera berakhir,” ujarnya seraya berharap pelaksanaan PPKM Darurat kali ini bisa menekan angka pertumbuhan kasus baru di Bali.

Pihaknya berharap segala upaya yang ditempuh, baik secara sakala (fisik) dan niskala (ritual) bisa mengembalikan Bali kembali normal.

Penambahan kasus harian COVID-19 di Provinsi Bali hingga Rabu ini masih tinggi. Dilaporkan hari ini penambahan kasus baru mencapai 791 orang, sehingga jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di Provinsi Bali menjadi 57.488 orang.

Selain itu, hari ini juga dilaporkan sebanyak 315 pasien positif COVID-19 yang sudah sembuh dan 21 pasien yang meninggal dunia.

Jumlah kasus aktif hingga hari ini sebanyak 5.388 orang (9,37 persen), jumlah pasien yang telah sembuh 50.409 orang (87,69 persen) dan yang meninggal dunia karena COVID-19 sebanyak 1.691 orang (2,94 persen).

Pewarta : Ni Luh Rhismawati
Editor : Zita Meirina

Kantor Berita ANTARA