Pengelola Tanah Lot Awasi Wisatawan di Tengah Cuaca Ekstrem

Pengelola daerah tujuan wisata (DTW) Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, Bali, mengawasi wisatawan domestik dan mancanegara yang memadati kawasan itu di tengah cuaca ekstrem pada libur tahun baru, Minggu. (Antara/Pande Yudha/2023)

INFODENPASAR, Tabanan – Pengelola daerah tujuan wisata (DTW) Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, Bali, mengawasi wisatawan domestik dan mancanegara yang memadati kawasan itu di tengah  cuaca ekstrem pada  libur tahun baru, Minggu (01/01/2023).

“Untuk mengantisipasi hal- hal yang tidak diinginkan, kami pengelola bersama penjaga pantai mengawasi pergerakan para wisatawan yang menikmati masa libur tahun baru di sini,“ kata Sekretaris Manajer Tanah Lot,  I Putu Toni Wirawan.

Ia mengatakan libur tahun baru ini wisatawan yang datang objek wisata Tanah Lot pada 31 Desember 2022 berjumlah  1.321.087 pengunjung. Jumlah tersebut terbagi wisatawan domestik 989.698 orang dan wisatawan mancanegara 331.389 orang.

Dengan kepadatan wisatawan berlibur dan kondisi cuaca ekstrem yang ditandai naiknya air laut di Tanah Lot, maka pihaknya berupaya memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pelancong dengan menempatkan petugas di  beberapa titik bibir pantai guna mengawasi wisatawan yang beraktivitas.

“Saat air laut  naik yang bertepatan dengan cuaca ekstrem, kami  menginformasikan kepada wisatawan agar jangan berada wilayah yang bisa membahayakan keselamatan mereka, jika mereka berada di tempat yang aman, ya silakan beraktivitas, namun jika bahaya kami akan  melarang mereka, ya mudah-mudahan semua terjaga dan situasi tetap aman,“ ujarnya.

Toni Wirawan menambahkan selain mengawasi para pelancong agar menjauhi bibir pantai saat air  laut naik, pihaknya juga tetap mengeluarkan anjuran prokes untuk menghindari penyebaran virus COVID-19 yang masih terjadi sampai saat ini.

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Edy M Yakub

Kantor Berita ANTARA