Home DUNIA Pesawat Luar Angkasa Rusia Luna-25 Menabrak Bulan

Pesawat Luar Angkasa Rusia Luna-25 Menabrak Bulan

Tangkapan layar - Roket Soyuz-2.1b yang membawa stasiun bulan Luna-25 meluncur dari Kosmodrom Vostochny di Oblast Amur, Rusia, Jumat (11/8/2023). (ANTARA/Xinhua)

INFODENPASAR, Moskow – Modul pesawat luar angkasa Luna-25 milik Rusia menabrak permukaan Bulan setelah memasuki orbit yang tidak direncanakan, kata Perusahaan Antariksa Negara Rusia Roscosmos, Minggu (20/08/2023).

“Sekitar pukul 14.57 waktu Moskow (18.57 WIB), koneksi dengan wahana bulan otomatis tersebut terputus. Hasil analisis awal menunjukkan bahwa deviasi antara parameter aktual dan parameter yang dihitung dari manuver propulsi menyebabkan wahana antariksa Luna-25 memasuki orbit yang tidak ditentukan dan lenyap setelah menabrak permukaan Bulan,” kata Roscosmos dalam sebuah pernyataan.

Menurut Roscosmos, sebuah komisi antardepartemen yang dibentuk secara khusus akan menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

Misi Luna-25, wahana antariksa pertama Rusia dalam lebih dari empat dekade, diluncurkan ke Bulan pada Jumat (11/8), pukul 02.11 waktu Moskow atau 06.11 WIB, dengan menggunakan roket Soyuz-2.1b dari Kosmodrom Vostochny yang merupakan sebuah bandar antariksa Rusia yang terletak di Oblast Amur, Rusia.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya

Kantor Berita ANTARA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version