Polres Badung Evakuasi Jenazah Warga yang Ditemukan di Sungai

Polisi dan Tim SAR dibantu masyarakat mengevakuasi jenazah korban meninggal terseret arus air di sungai Tukad Ayung Banjar Umahanyar, Desa Mambal Kecamatan Abiansemal, Badung, Kamis malam (14/7). ANTARA/HO-Humas Polres Badung

INFODENPASAR, Badung – Polisi Resor Badung mengevakuasi jenazah warga yang ditemukan di sungai Tukad Ayung, Banjar Umahanyar, Desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali, Kamis (14/7).

Kapolres AKBP Leo Dedy Defretes dalam keterangan tertulis yang diterima dari Kepala Seksi Humas Polres Badung Iptu Ketut Suardana, di Denpasar, Bali, Sabtu (16/07/2022), menjelaskan warga bernama I Wayan Tantra (77) asal desa Mambal, Kecamatan Abiansemal, Badung meninggal karena terhanyut aliran air sungai ketika hendak mandi.

Saksi mata bernama I Wayan Sucandrayana (30) dan I Nyoman Raka Adnyana (35) asal Banjar Umahanyar, Desa Mambal, Kec. Abiansemal, melaporkan kejadian bermula sekitar pukul 16.00 Wita, korban diketahui pergi dari rumahnya hendak mandi di sungai tempat ia biasa mandi.

Namun, setelah sekian lama menunggu tidak ada tanda bahwa korban pulang ke rumah. Selanjutnya, sekitar pukul 18.30 Wita, Wayan Sucadrayana mengecek korban di sungai tempat biasanya korban mandi. Di lokasi, hanya ditemukan celana, sandal, baju dan sabun mandi milik korban.

Menyadari keadaan itu, Wayan Sucadrayana menghubungi Bendesa Adat Umahanyar, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Mambal, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Badung untuk melakukan pencarian korban.

Pada pukul 20.30 Wita, Tim Unit Kecil Lengkap (UKL) Polsek Abiansemal dipimpin Pawas IPDA I Gusti Agung Artana melakukan upaya pencarian di sekitar aliran sungai Tukad Ayung, wilayah Banjar Umahanyar, Desa Mambal, Kec. Abiansemal, Kab. Badung.

Sekitar pukul 21.10 Wita, korban diketemukan dengan keadaan sudah meninggal dunia di seputaran Tukad Pacitan, sekitar 500 meter dari tempat korban mandi.

Kemudian pihak Kepolisian dan BPBD Kabupaten Badung melakukan evakuasi korban dibantu warga masyarakat.

Korban selanjutnya dibawa ke rumah duka dengan menggunakan kendaraan dan petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Badung.

Berdasarkan hasil pemeriksaan medis oleh Dokter UPTD Puskesmas Abiansemal II Dr. I Komang Wijaya dan unit Identifikasi Polres Badung, korban sudah tak bernyawa sekitar empat jam sebelum ditemukan.

Selanjutnya, pihak Kepolisian melalui Kanit Reskrim Polsek Abiansemal berkoordinasi dengan pihak keluarga korban.

Pihak keluarga korban telah menerima dengan ikhlas serta menandatangani surat yang menyatakan bahwa benar korban meninggal dunia karena kecelakaan terseret aliran air yang deras di sungai Tukad Ayung.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Edy M Yakub

Kantor Berita ANTARA