Presiden Joko Widodo Hadiri KTT AZEC di Tokyo

Presiden Joko Widodo berfoto bersama PM Jepang Fumio Kishida dan para pemimpinan negara lain saat akan menghadiri KTT AZEC di Tokyo, Jepang, Senin (18/12/2023). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/pri.

INFODENPASAR, Jakarta – Presiden Joko Widodo melanjutkan kegiatan kunjungan kerja hari ketiga di Tokyo, Jepang, dengan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Zero Emission Community (AZEC) di Kantor Perdana Menteri (PM) Jepang, Senin.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (18/12/2023), Presiden Jokowi tiba di Kantor PM Jepang sekitar pukul 10.05 waktu setempat dan langsung disambut oleh PM Fumio Kishida.

Selanjutnya, kedua pemimpin negara melakukan sesi foto bersama sebelum menuju lokasi foto bersama pemimpin negara lain. Sambil berjalan, Jokowi dan Kishida tampak berbincang hangat.

Jokowi, Kishida, dan sejumlah pemimpin negara lain kemudian melakukan sesi foto bersama. Dalam formasi foto tersebut, Jokowi berdiri di antara Kishida dan PM Singapura Lee Hsien Loong.

Usai foto bersama, para pemimpin negara yang hadir dalam KTT AZEC itu menuju ke ruang pertemuan.

KTT AZEC tersebut merupakan yang pertama digelar setelah diluncurkan saat KTT G20 di Bali pada tahun 2022.

Dalam KTT yang dihadiri Jepang, Australia, dan negara-negara anggota ASEAN tersebut, Indonesia mengedepankan semangat kolaborasi inklusif dalam rangka mewujudkan kawasan bebas emisi.

Turut mendampingi Jokowi dalam KTT AZEC itu adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Sebelumnya, Retno Marsudi menyampaikan bahwa Jokowi akan makan siang bersama dengan kalangan pebisnis asal Jepang. Kemudian, bersama para pemimpin ASEAN lainnya, Jokowi dijadwalkan melakukan kunjungan kehormatan kepada Kaisar Jepang Naruhito.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya

Kantor Berita ANTARA