Presiden Targetkan 2 Juta Kendaraan Listrik “Mengaspal” Pada 2025

Presiden Joko Widodo (dua kanan) menghadiri acara Peluncuran Kolaborasi Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik, yang digelar di SPBU MT Haryono, Jakarta, pada Selasa, (22/2/2022). ANTARA/HO-BPMI Setpres/pri.

INFODENPASAR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan sebanyak 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025.

“Kami targetkan nanti di 2025 (sebanyak) 2 juta kendaraan listrik bisa digunakan masyarakat Indonesia serta selanjutnya, akan melanjutkan ke pasar ekspor,” kata Presiden saat meluncurkan Ekosistem Kendaraan Listrik di SPBU MT Haryono, Tebet​​​​​​, Jakarta, Selasa (22/02/2022), sebagaimana disaksikan secara daring.

Presiden mengatakan bahwa Indonesia sangat serius untuk menerapkan transisi menuju penggunaan energi baru terbarukan. Penggunaan kendaraan listrik menjadi salah satu upaya untuk mempercepat transisi tersebut, tambahnya.

Karena itu, Presiden mengapresiasi dunia usaha yang turut mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, baik di sektor hulu maupun hilir.

Presiden menyampaikan, dengan didukung ekosistem kendaraan listrik dari hulu hingga hilir, Indonesia dapa menjadi produsen kendaraan listrik, bahkan merajai industri tersebut.

Untuk mendukung pengembangan industri kendaraan listrik, Presiden berharap pabrik baterai listrik dengan kapasitas produksi yang besar dapat segera selesai dibangun di Indonesia.

“Nanti ditingkatkan kapasitas produksinya (kendaraan listrik), mungkin bekerja sama dengan perusahaan dari Taiwan, Gogoro misalnya sehingga ekosistem kendaraan listrik terbangun dan siap berkompetisi dengan Negara lain,” katanya.

Kepala Negara mengatakan ekosistem kendaraan listrik menjadi salah satu modal utama dalam menjaga kelestarian lingkungan karena tidak menimbulkan polusi. Selain itu, kendaraan listrik pun akan mudah diminati karena memiliki sumber energi yang mudah dijangkau.

“Saya juga tadi sudah lihat bagaimana kendaraan mengisi daya ke charger yang sudah disiapkan, memakan waktu tidak lama, mengambil yang baru kemudian memasukkan yg lama, dan saya kira proses manajemen seperti ini yg diinginkan oleh pemakai-pemakai kendaraan,” urai Presiden Jokowi.

Dalam peluncuran tersebut, turut hadir sejumlah pimpinan perusahaan yang mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik yakni PT Pertamina Persero, Electrum, Gojek, Goto, Indonesia Battery Corporation (IBC), dan Gesits,


Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor : Budi Suyanto

Kantor Berita ANTARA