Rumah Sakit Unud Gunakan Terapi Plasma Konvalesen Pada Pasien COVID-19

Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri Universitas Udayana di Jimbaran, Badung, Bali. ANTARA/HO-Humas Universitas Udayana

INFODENPASAR.ID, Denpasar – Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri Universitas Udayana (Unud) mulai menggunakan terapi plasma konvalesen pada pasien COVID-19.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Unud Prof dr. I Ketut Suyasa di Denpasar, Senin (27/07/2020), terapi plasma konvalesen sudah lima kali digunakan pada pasien COVID-19.

Ia menjelaskan, dalam terapi plasma konvalesen pasien COVID-19 diberi plasma dari pasien COVID-19 yang telah sembuh.

Menurut dia, pada 22 Juli 2020 seorang pasien COVID-19 yang sembuh setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Unud menyumbangkan plasmanya.

“Menurut keterangan dari pendonor, hatinya merasa terpanggil untuk mendonorkan plasmanya,” kata Suyasa.

Komandan Resor Militer 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf bersama Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr. I Made Mardika berkoordinasi dengan Rumah Sakit Unud perihal percepatan penanganan pasien COVID-19 dengan terapi plasma konvalesen.

“Kita rapat koordinasi untuk membahas upaya percepatan penanganan Pasien COVID-19 di Bali dengan metode terapi plasma konvalesen. Nah plasma darah dimaksud diperoleh dari donor para mantan pasien COVID-19 yang sudah sembuh,” katanya.

“Saat ini, RS PTN Unud sudah mampu untuk melakukan pemisahan darah dan menyiapkan plasma darah yang akan digunakan untuk terapi penyembuhan COVID-19. Namun hambatannya dengan metode plasma darah untuk produksi massal memang masih sulit karena kekurangan alat pemisah darah,” ia menambahkan.


Oleh : Ayu Khania Pranishita
Editor : Maryati

Kantor Berita ANTARA