Sekitar 1.500 Muslim Takbir Dan Shalat Idul Fitri di Lapangan Renon

Sekitar 1.500 muslim dan muslimah melaksanakan solat Idul Fitri di lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Kamis (21/4) (Adi Lazuardi),

INFODENPASAR, Gianyar – Sekitar 1.500 Muslim menggemakan takbir dan melaksanakan shalat Idul Fitri di lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Propinsi Bali, Jumat (21/04/2023) pagi sebagai bagian dari merayakan hari kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan.

“Kami sudah menyelenggarakan shalat Idul Fitri di lapangan Niti Mandala Renon selama 20 tahun. PHBI dalam melaksanakan shalat Idul Fitri kali ini bertemakan, ‘Kita Raih gelar Taqwa untuk menggapai Pertolongan Allah SWT’ Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bali, dan wali kota Denpasar serta berbagai pihak terkait yang telah membantu kami,” kata Siswadi, ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Renon, di Denpasar.

PHBI Renon menyiapkan lapangan Niti Mandala Renon untuk menampung sekitar 2.000 – 3.000 Muslim dan Muslimah untuk shalat Idul Fitri, tapi kalau melihat yang datang ini ada sekitar 1.500 Muslim, tambah Siswadi.

Bertindak sebagai khotib adalah Ustad Sya’ban dan imam  ustad Mohammad Sobri.

PHBI juga menyiapkan pembayaran donasi atau sedekah dengan sistem QRIS dan menyiapkan sarana berwudhu.

Khotib Ustad Sya’ban menjelaskan dengan taqwa kepada Allah SWT akan melahirkan empat perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, taqwa melahirkan manusia yang jujur. Bekerja di pemerintah dan swasta dengan jujur, menjadi pedagang yang jujur. Kedua, dengan taqwa akan melahirkan manusia yang penuh dengan cinta kasih kepada sesama tanpa membedakan suku, ras dan agama. Ketiga, dengan taqwa dapat mengatasi segala kesulitan hidup di dunia.

Terakhir, dengan taqwa akan melahirkan manusia yang ringan untuk meminta maaf jika ada perbuatan dan ucapan yang kurang menyenangkan di masyarakat.

Pewarta : Adi Lazuardi
Editor : Triono Subagyo

Kantor Berita ANTARA