Selama Nyepi, Dishub-PLN Bali Pinjamkan Motor Listrik ke 35 Desa Adat Denpasar

Dishub Bali pinjamkan motor listrik ke Desa Adat Denpasar selama Nyepi (ANTARA/ I Komang Suparta)

INFODENPASAR, Denpasar – Dinas Perhubungan Provinsi Bali bekerja sama dengan PLN Unit Induk Distribusi Bali memberikan pinjaman atas pemakaian motor daya listrik (baterai) kepada 35 desa adat Kota Denpasar untuk membantu kelancaran tugas pecalang (keamanan desa adat) saat pelaksanaan Hari Suci Nyepi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali, IGW Samsi Gunarta pada penyerahan secara simbolis motor listrik daya baterai tersebut di Denpasar, Jumat (25/02/2022), mengatakan pihaknya bekerja sama dengan PLN Bali dalam memberikan pinjam pakai kepada 35 desa adat tersebut.

“Kami meminjamkan guna pakai selama perayaan Nyepi tahun ini. Tujuannya memperlancar tugas-tugas para pecalang ketika keadaan kegawatdaruratan di saat Nyepi. Karena dengan motor listrik ini tidak akan menimbulkan suara atau kebisingan di jalan atau daerah tertentu pada hari raya tersebut,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, kehadiran motor listrik ini juga sebagai pencanangan Bali dalam menerapkan kendaraan motor yang ramah lingkungan. Maka dari itu, momentum perayaan Nyepi, menjadi awalan dalam penggunaan motor listrik dari kendaraan BBM secara bertahap, khususnya di Bali.

“Bali tahun ini juga menjadi tuan rumah kegiatan internasional Presidensi Group to Twenty (G20). Salah satu agendanya tentang lingkungan dan energi bersih. Karena itu pemerintah daerah sudah mempersiapkan program yang mendukung kegiatan tersebut, termasuk penyediaan kendaraan listrik,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Komunikasi PLN Bali Made Arya mengatakan pihaknya memberikan hak pinjam kendaraan motor daya listrik sebanyak 15 unit untuk membantu petugas pecalang desa adat se- Kota Denpasar.

“Kami ikut berpartisipasi dengan bekerja sama Dinas Perhubungan Bali untuk meminjamkan 15 unit sepeda motor listrik. Ini juga bagian sosialisasi penggunaan motor listrik bagi masyarakat Pulau Dewata,” ujarnya.

Acara simbolis penyerahan peminjaman motor listrik diterima oleh Ketua Pasikian Pecalang Kota Denpasar ditandai dengan penyerahan kunci motor. Peminjaman motor listrik tersebut terhitung mulai hari ini hingga 4 Maret 2022 usai berakhirnya Nyepi.
 
Pewarta : I Komang Suparta
Editor : Satyagraha

Kantor Berita ANTARA