Tarian Tiba Meka Sambut Para Kepala Negara ASEAN di Labuan Bajo

Penari yang membawakan Tarian Tiba Meka saat menyambut kepala negara ASEAN yang tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (9/5/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

INFODENPASAR, Labuan Bajo – Sebanyak 16 penari membawakan tarian Tiba Meka saat menyambut kepala negara ASEAN yang hadir di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

“Saya bangga. Ada 16 penari dan 12 pemusik yang sudah membawakan Tiba Meka saat menyambut delegasi tadi,” kata Guru Tari SMKN 3 Komodo, Ayuni Praise yang menjadi pelatih tari untuk penyambutan kepala negara ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Selasa (09/05/2023).

Tarian Tiba Meka merupakan tarian penyambutan atau tarian terima tamu dari Manggarai yang dibawakan oleh para penari untuk menyambut beberapa kepala negara ASEAN seperti Kamboja, Vietnam, dan Timor Leste yang telah tiba di Labuan Bajo.

Ayuni mengungkapkan rasa haru karena karya tarian yang dia garap telah menjadi tarian penyambutan dan ditonton oleh para kepala negara.

“Yang tepuk tangan sambil tersenyum itu Kepala Negara Vietnam. Tapi anak-anak tadi bilang Kepala Negara Timor Leste ucap terima kasih,” katanya haru.

Ayuni mengatakan tarian Tiba Mekadibawakan oleh kolaborasi pelajar Program Studi Seni Tari SMKN 3 Komodi, Sanggar TaTe Kind Art, SMAN 1 Komodo, dan SMPK Santa Yosefa.

“Nanti kita isi beberapa tari Nusantara di side event,” katanya lagi.

Para penari telah menyambut tiga kepala negara ASEAN sejak pagi tadi.

Mereka pun dijadwalkan menari lagi untuk menyambut kepala negara lain diantaranya Laos, Singapura, dan Filipina.

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Budhi Santoso

Kantor Berita ANTARA