Umat Hindu di Belitung Rayakan Galungan

Perayaan Galungan umat Hindu di Belitung (ANTARA/Kasmono)

INFODENPASAR.ID, Sungailiat,Bangka  – Umat Hindu di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, merayakan hari raya Galungan dalam memperingati kemenangan Dharma atau kebaikan melawan Adharma atau keburukan yang berlangsung secara khidmat dan penuh kedamaian, Rabu (19/2/2020).

“Hari Raya Galungan dimaknai dengan mengucap syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) agar selalu di berikan pikiran dan tingkah laku yang baik sesuai Dharma,” kata Ketua Adat Trans Bali, I Negah Oka di Sijuk, Belitung,.

Menurut dia, Hari Raya Galungan dirayakan oleh umat Hindu setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Dalam kesempatan, umat Hindu di Belitung merayakan persembahyangan dalam rangka hari raya Galungan di tiga Pura yakni Pura Daleem Peed dipimpin oleh Pinandita Ketut Sija, Pura Ulun Jagat yang dipimpin oleh Pinandita I Wayan Mudya dan Pura Desa Puseh Giri Jati yang dipimpin oleh Pinandita Ida Bagus Putu Anom.

“Jadi ada ratusan umat Hindu yang ikut persembahyangan dalam rangka Hari Raya Galungan pada hari ini,” ujarnya.

Ia mengucapkan selamat Hari Raya Galungan kepada seluruh umat Hindu dengan harapan agar selalu diberikan pikiran dan tingkah laku yang baik sesuai dengan kebaikan atau dharma.

“Mari memulai melaksanakan jalan kebaikan dan kebenaran sebagai tuntunan untuk menjalankan segala “Swadarmaning” kehidupan di dunia,” katanya.
 
Pewarta : Kasmono
Editor : Zita Meirina