Home BALI Wali Kota Denpasar Awasi Injeksi Air ke Tumpukan Sampah di TPA Suwung

Wali Kota Denpasar Awasi Injeksi Air ke Tumpukan Sampah di TPA Suwung

Walikota Jaya Negara saat mengawasi metode Injeksi Air di Kawasan TPA Suwung, pada Senin (16/10)

INFODENPASAR, Denpasar – Penanganan Kebakaran TPA Suwung, Kecamatan Denpasar Selatan terus dioptimalkan. Pada hari kelima, penanganan  ditambah dengan metode Injeksi Air yang diawasi langsung Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di Kawasan TPA Suwung, pada Senin (16/10/2023). Selain menggunakan Injeksi Air, penanganan juga dilaksanakan dengan dua Helikopter Water Bombing dan Pasukan Pemadam Kebakaran.

Hadir pula dalam kesempatan ini Pangdam IX Udayana Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Harfendi, Dandim 1611/Badung Letkol Arh Teguh Waluyo, Kapolresta Denpasar, Bali AKBP Bambang Yugo Pamungkas dan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin.

Walikota Denpassr, I Gusti Ngurah Jaya Negara ditemui usai pemantaun proses pemadaman dengan injeksi air mengharapkan upaya ini mempercepat proses pemadaman api kebakaran TPA Suwung. Hal ini terutama mampu menghentikan persebaran titik api.

“Berbagi upaya telah dilakukan untuk penanganan kebakaran melalui berbagai strategi. Yang terbaru adalah Injeksi Air yang mulai diterapkan per hari ini,” ujarnya

Lebih lanjut dijelaskan, sebelumnya beragam strategi juga telah diterapkan. Pertama yakni Helikopter Water Bombing BNPB yang semula satu kini ditambah menjadi dua Helikopter. Kedua, Optimalisasi penanganan darat dengan personil pemadam kebakaran dan yang terbaru adalah menggunakan metode injeck air dengan alat yang langsung didatangkan dari Sulawesi dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Dikatakannya, proses injeck air ini menggunakan pipa dan disemprotkan dengan air yang telah dicampurkan bahan kimia untuk pendinginan lokasi titik api. Pemadaman melalui darat kali ini juga di bantu 11 mobil damkar dari BPBD Kabupaten Badung. 

“Proses penyisiran lokasi kebakaran TPA Suwung terus dilakukan semoga musibah kebakaran ini dapat kita atasi segera dengan kolaborasi dan dukungan dari semua pihak hingga TNI dan Polri,” ujar Jaya Negara.

Sementara Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Harfendi menyampaikan TNI siap mendukung upaya pemadaman kebakaran di TPA Suwung.  Berbagai upaya dan langkah-langkah penanganan telah dilakukan yang melibatkan pemerintah daerah, BPBD, BNPB, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta TNI dan Polri. Namun penanganan ini harus dilakukan bersama-sama berkolaborasi dan kami dari TNI siap membantu dalam penanganan musibah kebakaran di TPA Suwung.

“Kita sudah lihat musibah kebakaran di TPA Suwung serta telah berbagai upaya dilakukan dan hari ini dilakukan dengan injeck air dan kita berkolaborasi bersama karena ini persoalan pelik dan TNI siap membantu apapun tenaga yang dibutuhkan kita siap,” ujarnya. (HumasDps/Pur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version