Wali Kota Denpasar: Festival Layang-layang Pemantik Kunjungan Turis

Sejumlah layang-layang yang ditampilkan dalam ajang Mel Tanjung Kite’s Festival di Denpasar, Sabtu (19/8/2023). ANTARA/HO-Pemkot Denpasar.

INFODENPASAR, Denpasar – Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara berpandangan ajang festival layang-layang yang digelar di daerah setempat dapat menjadi atraksi untuk memantik kunjungan wisatawan ke Ibu Kota Provinsi Bali itu.

“Selain melestarikan layang-layang itu sendiri, kegiatan ini sangat mendukung dan melengkapi Denpasar sebagai salah satu destinasi wisata dan menjadi atraksi pemantik kunjungan,” kata Jaya Negara saat membuka Mel Tanjung Kite’s Festival di Sanur, Denpasar, Sabtu (19/08/2023).

Menurut dia, festival yang digelar di Pantai Mertasari Sanur, Denpasar, itu sangat baik sebagai upaya menjaga dan melestarikan tradisi bermain layang-layang, khususnya layangan khas Bali.

“Kami mengapresiasi Mel Tanjung Kite’s Festival kembali digelar dalam pelestarian tradisi dan budaya layang-layang di Kota Denpasar,” ujar Jaya Negara.

Layang-layang, lanjut dia, merupakan salah satu tradisi dan budaya Bali, sehingga harus tetap dijaga dan lestarikan.

Oleh sebab itu di Denpasar setiap tahunnya diadakan lomba layang-layang, yang salah satunya Mel Tanjung Kite’s Festival.


Mel Tanjung Kite’s Festival yang tahun ini memasuki pelaksanaan tahun ke-14 tak mengurangi antusiasme peserta. Tampak ratusan pelayang mengikuti kegiatan festival dengan membawa beragam jenis layang-layang tradisional dan kreasi baru.

Sementara itu pembina dan penanggungjawab Mel Tanjung Kite Festival yang juga selaku Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar I Wayan Maryiana Wandhira menyampaikan pelaksanaan Mel Tanjung Kite’s Festival rutin setiap tahun sebagai agenda pelestarian budaya khusunya layang-layang tradisional Bali.

“Tahun ini memasuki pelaksanaan Festival yang ke-14 dan kami mengapresiasi keikutsertaan para peserta dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Mel Tanjung Kite’s Festival kali ini diikuti 785 peserta dengan 11 kategori perlombaan diantaranya janggan buntut, janggan plastik remaja, bebean plastik, pecukan remaja, big size bebean plastik, celepuk cuting dan airbrush.

“Kami mengharapkan kepada peserta untuk turut menjaga kebersihan pada saat perlombaan. Hal ini juga tidak terlepas dari program Pemkot Denpasar yang gencar dalam menggalakkan kebersihan,” ujar Wandhira.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor : Adi Lazuardi

Kantor Berita ANTARA