Home BALI Menparekraf: Okupansi Penginapan di Bali Capai 80 Persen Saat KTT AIS

Menparekraf: Okupansi Penginapan di Bali Capai 80 Persen Saat KTT AIS

Sejumlah delegasi mengikuti kegiatan KTT AIS Forum 2023 di salah satu hotel, di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (9/10/2023). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

INFODENPASAR, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan tingkat okupansi hotel dan penginapan di Bali mencapai 80 persen yang diisi oleh para delegasi Konferensi Tinggkat Tinggi (KTT) AIS Forum 2023.

“Mereka itu sudah ada yang datang sejak sepekan lalu ke Bali. Hingga sepekan ke depan diperkirakan bakal di angka maksimal, terhitung sejak acara pembukaannya pada Selasa (10/10), tapi yang jelas semua sudah siap,” kata Menteri Sandi, di Jakarta, Senin (09/10/2023).

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Sandi dalam konferensi pers “The Weekly Breif With Sandi Uno” yang disiarkan secara daring dari Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurut Sandi, Kemenparekraf bersama Pemerintah Provinsi Bali menyiapkan segala sesuatu untuk menyambut kunjungan tamu dan delegasi KTT AIS.

Bahkan, mulai dari penginapan, objek wisata pantai, seni dan budaya, kuliner hingga transportasi telah disiapkan hingga sepekan ke depan, karena pihaknya memprediksi ada beberapa tamu delegasi yang masih berada di Bali setelah forum selesai.

“Terlepas dari event sebagai negara tujuan wisata, ya, kita beri tamu kita kenyamanan, dalam hal ini Bali Selatan akan jadi tempat favorit,” kata dia.

AIS Forum merupakan wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan yang bertujuan memperkuat kolaborasi mengatasi empat masalah global, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong mengatakan, hari ini ada sebanyak 21 pemimpin delegasi KTT AIS Forum 2023 tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Para delegasi tiba untuk menghadiri pertemuan pertama negara pulau dan kepulauan di dunia di Nusa Dua, Kabupaten Badung, 10—11 Oktober 2023.

Berdasarkan data Sekretariat AIS Forum, pimpinan negara kepulauan yang sudah tiba, yakni Bahrain, Marshall Island, Tuvalu, Niue, Maladewa, Malta, Saint Lucia, Jepang, Inggris, Irlandia, Selandia Baru, Filipina, Siprus, Fiji, Cabo Verde, Madagaskar, Mikronesia, Suriname, dan Samoa.

Para pemimpin delegasi itu dijadwalkan menghadiri KTT AIS Forum 2023 di BNDCC, Nusa Dua, Bali, yang puncaknya dibuka Presiden Joko Widodo pada tanggal 11 Oktober 2023.

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Sella Panduarsa Gareta

Kantor Berita ANTARA

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version